Indonesian English

Pemkab Serahkan Fisik dan Non Fisik Kegiatan Dak Bidang Pertanian

Kegiatan Dak Bidang Pertanian

Bupati Kuningan, H. Acep Purnama menyerahkan kegiatan Dak Bidang Pertanian baik yang berupa fisik dan non fisik kepada kelompok tani. Kegiatan dalam rangka menunjang program kedulatan pangan tersebut merupakan program Pemerintah Pusat yang digelontorkan kepada Kabupaten Kuningan untuk bidang pertanian. Acara yang berlangsung di Desa Cibuntu Kecamatan Cigandamekar, Rabu 12 Januari 2016, dihadiri oleh Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, Kepala Dinas Pertanian, Ir. Tri Astami, Kepala Bagian Humas, Wahyu Hidayah, Kepala Bagian Pembangunan, Trisman Supriatna, Kepala Bagian Umum, Guruh I. Zulkarnaen, Kepala Dinas PU, Ir. Jajat Sudrajat, serta dihadiri oleh Dirjen PLA Kementrian Pertanian RI, Ir. Tunggul Iman Panuju, M.Sc

Kegiatan tersebut berupa pembuatan embung, DAM Parit, sumur dangkal, jalan usaha tani, serta gudang mandiri benih. Pembangunan pertanian dan perikanan saat ini di Kabupetan Kuningan tentunya merupakan bagian penting dalam memenuhi kebutuhan dasar masyarakat, sehingga perlu terus untuk dikembangkan dan ditingkatkan dalam mendukung tercapainya swasembada pangan, salah satu upaya yang dilakukaan pemerintah yaitu meningkatkan sarana dan prasarana insfrstruktur pertanian dan perikanan.

Bupati Kuningan dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah Daerah melalui Dana Alokasi Khusus telah mengalokasikan anggaran untuk kegiatan pembangunan kedaulatan pangan sub bidang pertanian dan perikanan di Kabupaten Kuningan diantaranya membangun fisik/konstruksi yang berkaitan dengan pemanfaatan sumber air dan prasarana jalan usaha tanu berupa pembangunan embung, pembangunan DAM Parit, pembangunan irigasi air tanah, gudang mandiri benih serta bidang perikanan berupa kolam unit perikanan rakyat ( UPR ), dan kawasan.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan Indeks Pertanaman ( IP ) atau tambahan luas tanam, produktivitas dan produksi tanaman padi, jagung dan kedele serta peningkatan produksi komoditas lainnya, termasuk sektor perikanan baik induk, benih juga diharapkan kedepan bisa lebih mandiri dan mampu berdaya saing serta meningkatkan ketahanan pangan menuju kesejahteraan masyarakat. Papar Acep.

Hal senada juga dipaparkan Kadis Pertanian Kabupaten Kuningan, Ir. Hj. Tri Astami bahwa Kabupaten Kuningan tidak mengharapkan kebutuhan akan pangan harus mengandalkan / didatangkan dari luar wilayah lain, sehingga petani di Kuningan menjadi lemah dan tidak produktif, untuk itu menjadi pemikiran bersama baik Dinas Pertanian Sendiri serta steak holder juga kelompok tani untuk terus meningkatkan kemampuan dan keahlian dalam membangun atau mengelola sektor pertanian dan perikanan di Kabupaten Kuningan ini. Tegas Tri.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Acep Juga meresmikan Embung Desa Cibuntu Kecamatan Ciganda Mekar ditandai dengan pembukaan slubung papan nama, penebaran benih ikan serta pembukaan pintu air untuk irigasi. ( Sumber : Donis, Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan ).

Kegiatan Dak Bidang Pertanian
Kegiatan Dak Bidang Pertanian
Kegiatan Dak Bidang Pertanian
Kegiatan Dak Bidang Pertanian