Indonesian English

Penyerahan Kartu Tani

Kategori: 

Bupati Kuningan H. Acep Purnama melaksanakan apel pagi dilingkungan Dinas Pertanian Kab. Kuningan sekaligus melakukan penyerahan secara simbolik kartu tani, Selasa (16/01/2018). Pembagian kartu tani ini menjadi salah satu upaya pemerintah sebagai bentuk modernisasi dan digitalisasi pelayanan.

Kartu tani ini diharapkan dapat bermanfaat bagi seluruh lapisan masyarakat Kab. Kuningan khususnya dapat lebih mensejahterakan para petani, dengan kemudahan yang diberikan oleh kartu tani tersebut.

Manfaat kartu tani bagi pemerintah yaitu dapat menyusun kebijakan berdasarkan data dan informasi yang akurat, bagi petani yaitu berupa kemudahan mendapatkan subsidi dan bantuan dari pemerintah, sedangkan bagi pihak ketiga yaitu berupa distribusi pupuk lebih akurat, baik jumlah, waktu, tempat, mutu, jenis, dan sasarannya.

Hingga saat ini jumlah petani yang sudah memiliki kartu tani yang dibagikan oleh Bank Mandiri sebanyak 55.395 orang di wilayah Kabupaten Kuningan. Penerima kartu ini pada umumnya telah menjadi kelompok tani. Jumlah kelompok tani yang ada di Kabupaten Kuningan mencapai 371 unit.

"Saya mengajak bahwa kita harus hadir diantara para petani untuk dapat membantu meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan memecahkan permasalahan yang para petani hadapi baik dalam hal budidaya, pengolahan, permodalan dan pemasaran hasil sehingga para petani dan keluarganya hidup sejahtera,"kata Bupati Kuningan H. Acep Purnama, dalam sambutannya sebagai pembina apel di Dinas Pertanian Kab. Kuningan.

Melalui penerbitan kartu tani diharapkan dapat meningkatkan pelayanan bagi para petani, yang menjadi sarana akses layanan perbankan terintegrasi yang dimiliki oleh petani. (Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan)