Indonesian English

Percepatan Pendidikan Yang Merata Dan Berkualitas

Kategori: 
Hari Pendidikan nasional diperingati setiap tanggal 2 Mei setiap tahunnya. Pada tahun 2017 ini Hari Pendidikan Nasional jatuh pada hari Selasa, untuk memperingatinya dilasanakan upacara bendera di setiap instansi sekolah maupun pemerintahan. Dalam peringatan hari pendidikan nasional ini diharapkan seluruh bangsa Indonesia sadar akan pendidikan. Untuk membangun sebuah bangsa yang besar dimulai dari pendidikan yang mencakup semua sisi baik iptek, sosial, moral dan kepribadian. 
 
Ditetapkannya tanggal 2 Mei sebagai hari pendidikan Nasional oleh pemerintah Republik Indonesia melalui Keppres RI nomor 316 Tahun 1959, merupakan wujud nyata kepedulian pemerintah akan pentingnya pendidikan di negeri ini. Penetapan Hari pendidikan nasional dilatarbelakangi oleh sosok yang memiliki jasa luar biasa di dunia pendidikan, yaitu Ki Hadjar Dewantara yang lahir pada tanggal 2 Mei 1889.
 
Peringatan hari pendidikan nasional yang diselenggarakan setiap tanggal 2 Mei tidak semata-mata dimaksudkan untuk mengenang hari kelahiran Ki Hadjar Dewantara selaku Bapak Perintis Pendidikan Nasional, namun lebih merupakan sebuah momentum untuk kembali menumbuhkan rasa patriotisme dan nasionalisme pada seluruh insan pendidikan.
 
Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk mewujudkan tujuan tersebut adalah dengan menetapkan pelaksanaan Upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional. Hal ini dimaksudkan agar semua insan penddikan mengingat kembali filosofi dari nilai perjuangan Ki Hadjar Dewantara dalam menegakkan pondasi pendidikan di Indonesia.
 
Di Kabupaten Kuningan pelaksanaan upacara bendera peringatan Hari Pendidikan Nasional dipusatkan di Pandapa Paramarta Kompleks Stadion Mashud Wisnu Saputra selasa 2/5/2017. Upacara tersebut dihadiri oleh Bupati Kuningan beserta istri, Wakil Bupati beserta istri, Sekda beserta istri dan seluruh, FKPD serta seluruh Kepala SKPD se-Kabupaten Kuningan.
 
Dalam sambutannya Bupati Kuningan H. Acep Purnama meminta kepada seluruh elemen yang terkait pada bidang pendidikan untuk lebih meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Kuningan, bangsa yang maju adalah bangsa yang mempersiapkan generasinya dengan pendidikan yang baik.
 
Peran para pendidik adalah membuat para peserta didiknya menjadi manusia yang unggul demi mempersiapkan generasi penerus yang akan melanjutkan tonggak pembangunan bangsa ini kedepannya. Oleh karena itu mari bersama-sama memajukan dunia pendidikan di Kabupaten Kuningan dengan baik sesuai dengan tema peringatan Hardiknas tahun 2017 “ percepat pendidikan yang merata dan berkualitas “  Pinta Acep.(*DoniS*/Bag.Humas Setda)