Peringatan Hari Bhayangkara Ke-74 di Laksanakan Secara Virtual

Kategori: 

Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, SH., MH bersama jajaran Forkopimda Kab.Kuningan memperingati Hari Bhayangkara Ke-74 di Rupatama Polres Kuningan. Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Bhayangkara jatuh pada, Rabu (1/7/2020). Perayaan yang biasa digelar terbuka kini dilakukan berbasis virtual atau online, termasuk juga upacara. Pandemi virus Corona atau Covid-19 menjadi penyebabnya.

Peringatan HUT Bhayangkara tahun ini, Polri mengusung tema “Kamtibmas Kondusif Masyarakat Semakin Produktif”. Upacara hari Bhayangkara ke-74 dilaksanakan secara virtual yang dipimpin langsung oleh Bapak Presiden Republik Indonesia Joko WIdodo selaku inspektur upacara.

Upacara virtual tersebut juga disiarkan di Mabes Polri melalui Kanal Youtube DIV HUMAS POLRI dan semua polda di Indonesia. Mengingat kegiatan Hari Bhayangkara kali ini bangsa Indonesia ada sedang menghadapi pandemi COVID-19, sehingga beberapa kegiatan konsepnya juga menyesuaikan dengan kondisi saat ini yaitu di masa transisi menuju new normal dengan tetap mentaati protokol kesehatan.

Presiden Joko Widodo meminta Polri terus melakukan langkah persuasif namun tegas dalam penegakan hukum, khususnya yang terkait penanganan pandemi Covid-19. Pesan itu disampaikan Jokowi dalam Peringatan ke-74 Hari Bhayangkara Tahun 2020, di Istana Negara, "Lakukan dengan persuasif dan humanis tapi tetap waspada, cepat tanggap dan tegas dalam setiap penindakan pelanggaran hukum," kata Jokowi. Kepala Negara menegaskan, di masa pandemi Covid-19 ini peran Polri sangat dibutuhkan baik untuk mengatasi masalah kesehatan maupun ekonomi. Oleh karena itu jajaran Polri dari seluruh tingkatan harus terlibat membantu mengatasi dampak pandemi ini.

"Mulai dari jajaran mabes, polda, polres, polsek sampai Babinsa harus mengajak masyarakat disiplin melaksanakan protokol kesehatan," kata Jokowi. Selain itu, Jokowi mengingatkan jajaran Polri juga harus aktif dalam mengawal penyaluran bantuan sosial serta turut menjaga keamanan ketertiban. "Agar situasi tetap kondusif aman dan damai," kata Jokowi.

Seusai Upacara Virtual berakhir, kemudian di lanjut dengan Acara Syukuran Kapolres Kuningan AKBP Lukman DS Malik dalam sambutanya menyampaikan semoga ungkapan syukur ini menjadi suatu renungan yang dapat menumbuhkan semangat baru dan profesionalisme. Polri siap mengamankan kebijakan pemerintah dan siap bersinergi dengan seluruh stakeholder yang ada di Kabupaten Kuningan. Lebih dari itu mudah mudahan kehadiran anggota Polri khususnya Polres Kuningan ditengah tengah masyarakat mampu membumikan tatanan kehidupan yang semakin berkualitas dan penuh kebersamaan sebagaiamana tersiar pada moto juang Kabupaten Kuningan yaitu Kuningan MAJU (Mandiri,Agamis dan Pinunjul).

Melalui Momentum Syukuran Peringqatan Hari Bhayangkara Ke-74 ini kami Polres Kuningan mnegajak kepada semua pihak untuk bersama sama menata piranti sosial yang ada. Menata kembali tatanan kehidupan yang baru dengan protokol kesehatan yang baru berdasarkan pandemi covid yang terjadi di seluruh dunia. Sehingga masyarakat kabupaten kuningan memiliki soliditas yang tinggi. saya percaya bahwa kebersamaan ini bisa mengeliminasi berbagai gangguan kamtibmas. Polres Kuningan akan selalu berusaha melakukan yang terbaik untuk seluruh masyarakat Kabupaten Kuningan.

Dalam kesempatan tersebut juga Bupati menyampaikan "Alhamdulillah pada hari ini kita bisa memperingati Hari Bhayangkara ke-74 untuk itu saya mengucapkan selamat Hari Bhayangkara ke-74, dalam usia yang sudah cukup mapan marilah kita mengikuti pepatah "hari ini harus lebih baik dari hari kemarin, hari esok harus lebih baik dari hari ini. Semasa usia 73 tahun bayangkara lebih baik dari semasa usia 72 tahun, dan hari ini Bhayangkara memasuki usia ke 74 tahun, insyaallah lebih baik dari semasa usia ke 73 tahun dan kita juga harus mempersiapkan untuk usia-usia ke depan agar lebih baik lagi. Dalam tema kamtibnas kondusif masyarakat semakin produktif, memang itulah harapan yang ada dalam diri kita masing masing.

Dengan keberadaan Polres kuningan dan seluruh jajaran polri itu membuat masyarakat semakin tentram , aman dan nyaman. Dengan kamtibnas yang kondusif pasti masyarakat akan memunculkan kreativitas, terjaga keamanannya, terjaga ikhtiar dan tujuannya, terlindungi segala hak hak miliknya dan ini tidak terlepas dari keberhasilan Polres Kabupaten Kuningan khususnya dan Polri pada umumnya dalam rangka membangun stabilitas. Tidak terlepas ini karena kemitraan seluruh jajaran pemangku kebijakan. Saya percayakan untuk keamanan teritorial kuningan kepada pak kapolres dan seluruh jajarannya, juga kepada pak Dandim dengan seluruh jajarannya, dan Alhamdulillah kondusifitas terbangun di Kabupaten Kuningan. Keberhasilan ini juga tidak terlepas dari membangun jejaring kemitraan dengan seluruh elemen masyarakat, baik pengusaya, para alim ulama, LSM, Pers dan lain sebagainya, ini sangat luar biasa.

Ini juga menjadi salah satu perwujudan visi kabupaten kuningan yaitu kuningan maju (makmur agamis pinunjul) oleh karnanya saya selaku kepala daerah mengucapkan trimakasih kepada Kapolres, Dandim, ketua DPRD, Kajari dengan seluruh jajarannya karna semua kebijakan lahir dari tangan kita kita. Saya selalu minta pendapat dalam mangambil keputusan, itupun kadang-kadang tidak mulus, tapi insyaallah dengan sebuah niatan yang baik, yang ikhlas bisa lakukan ini semua. Mari kita terus tingkatkan kemitraan mudah-mudahan dalam tema peringatan hari Bhayangkara ini dapat menjadi landasan kita dalam melaksanakan tugas keseharian kita ditengah tengah masyarakat sebagai bentuk abdi kita kepada masyarakat. (BID/IKP/DISKOMINFO)