Pesan Bupati pada 37 Orang Fungsional Dinas Kesehatan Kab. Kuningan Yang Dilantik Dan Diambil Sumpah Jabatan

Sebanyak 37 orang Fungsional Dinas Kesehatan Kab. Kuningan dilantik dan diambil sumpahnya, Senin 11 February 2020 bertempat di Aula Dinas Kesehatan Kab Kuningan. Kesehatan Kab. Kuningan . Hadir dalam acara Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH., MH, Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kab. Kuningan H. Raji, SE. M. MKes, Kepala BKPSDM Drs. H. Nurahim, M. Si, Plt. Kepala Dinkes dr. Hj. Susi Lusiyanti, MM dan undangan lainnya. Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Pejabat fungsional tersebut yang di beri tugas tambahan sebagai kepala puskesmas.

Dalam sambutannya Bupati Kuningan menuturkan bahwa bicara tugas dan penugasan itu adalah amanah yang harus kita emban dan harus kita jaga. Bupati pun berpesan pada ke 37 orang tersebut, " dalam hal menanggulangi kesehatan warga, selama ini kita itu hanya kebanyakan mengobati, cobalah untuk sekarang kita harus sering kunjungan-kunjungan ke masyarakat di wilayah puskesmas nya masing masing, dengan memberikan pengetahuan ke masyarakatnya, jangan melulu mengobati, tapi baiknya itu mencegah, berikan penyuluhan-penyuluhan, pengetahuan-pengetahuan, program ini harus dilakukan 1 minggu sekali, nanti saya akan buat surat resmi nya" . tandas Bupati.

Kemudian persoalan penyakit TBC merupakan persoalan bersama yang tidak boleh dianggap enteng. Mengingat, penyakit TBC merupakan salah satu penyakit berbahaya dan mematikan namun dapat disembuhkan dengan pengobatan yang dilakukan secara teratur. “Memang TBC ini penyakit yang berbahaya, menular dan mematikan. Namun penyakit ini bisa diobati dan disembuhkan dengan pengobatan secara rutin dan teratur. Jadi dengan pencanangan Gerakan Bersama Menuju Eliminasi TBC 2030. saya sebagai Bupati akan mengajak kepada seluruh masyarakat Kabupaten Kuningan untuk memerangi penyakit TBC dengan “TOSS TBC”, Temukan, Obati Sampai Sembuh,” paparnya.

Selanjutnya, untuk mewujudkan Indonesia bebas TBC, Bupati akan mengintruksikan kepada seluruh jajaran dan petugas kesehatan disemua tingkatan yang ada di Kabupaten Kuningan, baik Dinkes, seluruh Rumah Sakit dan Puskesmas untuk memantau dan menelusuri secara langsung ke segenap lapisan masyarakat yang terindikasi terkena TBC agar bisa ditangani sedini mungkin. “Kepada masyarakat yang terindikasi TBC, jangan malu untuk menyampaikan kepada kami semua, baik ke Puskesmas-Puskesmas, para perawat, para bidan, untuk minta segera diobati dan kami siap untuk mengobati itu semua,” ungkapnya. Agar terhindar dari berbagai masalah gangguan kesehatan, Bupati mengajak seluruh masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat serta menjaga kebersihan lingkungan. Karena hal tersebut menurutnya menjadi faktor utama dalam mencegah datangnya penyakit. (Bid IKP/DISKOMINFO)