Indonesian English

Plt Bupati Berharap Target 200 Hektar Tanaman Kacang Kedelai Di Desa Cibulan Bisa Tercapai

Kategori: 

Pelaksana tugas Bupati Kuningan, Dede Sembada, meninjau tanaman kacang kedelai di area lahan bekas galian pasir Desa Cibulan, Kecamatan Cidahu, Rabu (16/5/2018).

Pemerintah daerah mendukung Pemerintah Desa Cibulan yang pada tahun ini menargetkan 200 hektar dari 400 hektar lahan bekas galian pasir bisa ditanami kacang kedelai.

“Mudah-mudahan target awal Pemerintah Desa Cibulan bisa tercapai,” kata Dede Sembada.

Tanaman kacang kedelai yang cukup luas di Desa Cibulan, kata Dede Sembada, bukan hanya kebanggaan masyarakat Desa Cibulan, tapi juga Pemerintah Kabupaten Kuningan. Karena ini sesuai dengan program strategis nasional.

“Saya punya kewajiban untuk mendukung program strategis nasional terkait kedaulatan pangan,” imbuhnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, lahan bekas galian pasir di Desa Cibulan, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Kuningan disulap menjadi lahan pertanian. Lahan itu ditanami benih kacang kedelai oleh masyarakat sekitar. Penanaman perdana benih kacang kedelai, dilakukan Plt Bupati Kuningan Dede Sembada, Selasa, pada bulan Maret lalu.

Pemanfaatan lahan bekas galian pasir itu sebagai upaya memajukan kesejahteraan masyarkat Kabupaten Kuningan khususnya Desa Cibulan, Kecamatan Cidahu. Lahan itu masih terjaga baik sehingga dapat dijadikan sebagai tempat budidaya tanaman khususnya kacang kedelai.

Kepala Desa Cibulan,Kecamatan Cidahu, Iwan Gunawan, meyatakan di sekitar lokasi galian pasir itu mengandung potensi air yang cukup banyak. Itu pun jika digali dengan kedalaman 30 meter dari permukaan atas tanah.

“Rencananya 1,5 hektar dari jumlah luas lahan bekas galian akan dibuat situ yang bisa mengairi lahan persawahan sampai ke Desa Cieurih,” ujar Iwan Gunawan.

Ia merasa gembira karena rencana itu mendapat dukungan dari pemerintah daerah yang memberikan bantuan berupa bibit, pupuk termasuk dana yang dibutuhkan untuk buruh menanam serta beberapa unit traktor.

“Hasil dari panen kedelai ini selanjutnya didistribusikan ke Bumdes bekerja sama dengan salah satu bank swasta di Kuningan. Ini merupakan fasilitas yang diberikan oleh Dinas Pertanian Kabupaten. Kuningan,” jelasnya.

Plt Bupati Kuningan Dede Sembada mengapresiasi apresiasi terhadap kegiatan itu.

“Saya merasa senang dan bersemangat untuk mendukung hal ini, karena animo masyarakat Desa Cibulan yang sangat luar biasa untuk turut memberikan dukungan terhadap kegiatan ini,” kata Plt Bupati Kuningan, Dede Sembada.

Plt Bupati Dede Sembada berharap rencana baik itu berjalan lancar dan dapat meberikan manfaat bagi masyarakat. (Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan)