Indonesian English

Polres Kuningan Apel Gelar Pasukan, Siap Amankan Pilkada Serentak 2018

Kategori: 

Dalam Rangka mensukseskan pengamanan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat, Bupati dan Wakil Bupati Kuningan Tahun 2018 di Wilayah Kabupaten Kuningan. Polres Kuningan melakukan Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Lodaya yang dihadiri Sekda Kabupaten Kuningan Drs. Yosef Setiawan, M.Si. Pejabat Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Ketua KPU, Panwaslu, pejabat Instansi Sipil, Unsur Muspika, Sat Pol PP dan lainnya di Pandapaparamarta, Jumat (5/1/2017).

Kapolres Kuningan Yuldi Yusman, SE. M.Si, menuturkan, dengan apel ini diharapkan dapat menenunjukan kesiapan dan keseriusan Polri khususnya jajaran Polres Kuningan dengan didukung instansi terkait dan komponen masyarakat menjelang pilkada serentak 2018.

“Polri sebagai penanggungjawab keamanan dalam negeri berkewajiban untuk mengawal, menjaga, memelihara dan mengamankan penyelenggaran Pilkada ini, tentunya setiap pelaksanaan tugas dilakukan melalui mekanisme manajemen keamanan yang terpadu dan konprehensif. Tentunya pengamanan ini dengan melibatkan seluruh stakeholder agar pesta demokrasi pada pilkada dapat berlangsung aman, jujur, adil, dan demokratis", Jelas Kapolres Kuningan.

Ia mengingatkan, perlu kita cermati, pada pelaksanaan Pilkada tentunya tidak terlepas dengan adanya berbagai potensi gangguan, ambang gangguan maupun gangguan nyata, yang tentunya dapat terjadi dalam setiap tahapan pilkada serentak. “Baik itu berupa pelanggaran, tindak pidana pemilu, tindak pidana umum, maupun kejadian kontijensi, yang tentunya kerawanan–kerawanan gangguan kamtibmas tersebut dapat dikelola dan ditangani oleh kepolisian secara professional, transparan dan akuntabel,” katanya.

Ia menyebutkan, Personel Polres Kuningan yang akan dilibatkan dalam pengamanan Pilkada serentak 2018 sebanyak 2/3 kekuatan dengan jumlah sebanyak 547 personel, yang tentunya kekuatan tersebut jika terjadi kontijensi gangguan kamtibmas akan didukung dengan melibatkan BKO Sat Brimob Polda Jabar dan BKO Dalmas Sat Bahara Polda Jabar maupun bantuan perkuatan satuan samping yang terdiri dari jajaran kodim 0615 Kuningan, Sub Den POM III/3-6 Kuningan. Sat POl PP, Dishub, Dinkes, Damkar, BPBD, Senkom dan komponen masyarakat lainnya. (Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan)