Indonesian English

Pramuka Saka Adhyaksa Dikukuhkan

Kategori: 

Ketua Kwartir Cabang (Kawarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Kuningan, Rana Suparman, melantik dan mengukuhkan Pramuka Saka Adhyaksa Pemilu Tahun 2019, di Hotel Horison Tirta Sanita, Selasa (16/10/2018). Sebagai Ketua Saka Adhyaksa Kabupaten Kuningan yaitu Ahmad Jubaedi, Ketua Bawaslu (Badan pengawas Pemilu) Kabupaten Kuningan.

Bupati Kuningan H. Acep Purnama yang hadir pada acara itu, mengapresiasi khususnya kepada Bawaslu Kabupaten Kuningan yang telah mengadakan serta memfasilitasi kegiatan sosialisasi Pemilu itu. "Tahun 2019 merupakan tahun hajat besar demokrasi di negara Indonesia khususnya di Kabupaten Kuningan karena pada tahun 2019 akan diadakan pesta demokrasi pemilhan Presiden dan Pemilihan Legislatif,” kata Bupati Acep.

Menurutnya, Pemilu merupakan sarana perwujudan kedaulatan rakyat, sekaligus sarana aktualitasi partisipasi masyarakat sebagai pemegang kedaulatan dalam penentuan jabatan publik. Sebagai pemegang kedaulatan posisi masyarakat dalam pemilu ditempatkan sebagai subyek, termasuk dalam mengawal integritas pemilu, salah satunya melalui pengawasan pemilu.

Gerakan Pramuka merupakan wujud asosiasi dalam masyarakat, dalam asosiasi ini anggota mendapatkan pembelajaran berorganisasi dan pelatihan skill. Gerakan ini mempunyai potensi besar turut berpartisipasi dalam melakukan pengawasan pemilu. “Gerakan pramuka berfungsi sebagai sekolah demokrasi karena mengajarkan hal-hal yang berkaitan dengan Civil Skil seperti pengorganisasian, mengadakan pertemuan, menulis gagasan, berargumentasi, berpidato dan sebagainya,” paparnya.

Gerakan pramuka mempunyai pondasi yang kuat dalam mengasah civil skill seluruh anggotanya dan menumbuhkan kesadaran politik atas pentingnya partisipasi dalam melakukan pengawasan pemilu dan menciptakan pemilu yang bebas dan adil. (Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan)