Program Bunda Menyapa Resmi Di Launching

Kategori: 

KUNINGAN – Dalam kehidupan, kita tidak terlepas dengan yang namanya pangan. Pangan merupakan kebutuhan pokok yang memberikan manfaat secara adil, merata dan berkelanjutan berdasarkan kedaulatan pangan. Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012 Tentang Pangan menyebutkan bahwa pangan merupakan kebutuhan dasar manusia yang paling utama dan pemenuhannya merupakan bagian dari hak asasi manusia yang dijamin di dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai komponen dasar untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas.

Hal itu disampaikan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kuningan, Hj. Ika Acep Purnama saat memberikan sambutan  dalam Acara Launching Program Bunda Menyapa (Membangun Desa Menata Sumberdaya Pangan Keluarga), di Desa Datar Kecamatan Cidahu, (06/02/2020).

Peran PKK dalam menyikapi kebutuhan akan pangan yang Beragam, Bergizi, Sehat dan Aman (B2SA) sesuai dengan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 99 Tahun 2017 Tentang Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga. Dimana partisipasi wanita dalam pembangunan sudah tidak bisa dipungkiri lagi, baik dalam peran tradisi sebagai Istri, Ibu dan pengelola rumah tangga. Sedangkan para peran transisi wanita sebagai tenaga kerja, anggota masyarakat dan manusia pembangunan.

“PKK sebagai gerakan Pembangunan Nasional  dalam pembangunan yang tumbuh dan berkembang dari bawah dengan pengelolaan dari, oleh dan untuk masyarakat menuju terwujudnya keluarga sejahtera,”terang Ika.

Bunda Menyapa meliputi berbagai kegiatan sebagai berikut. Bantuan sarana dan bibit holtikultura (sayuran dan buah-buahan), ikan dan ternak untuk budidaya pemanfaatan lahan keluarga khususnya pekarangan, Edukasi peningkatan pengetahuan dan kesadaran tentang konsumsi pangan berdasarkan kriteria B2SA, Edukasi peningkatan pengetahuan dan keterampilan dalam diversifikasi pengolahan bahan pangan (hasil pertanian keluarga).

“Selanjutnya bantuan pangan terhadap keluarga rawan pangan dan lomba prestasi antar keluarga dan kelompok Posyandu peserta Bunda Menyapa,”paparnya.

Adapun lokasi Program Bunda Menyapa untuk sementara Tahun sekarang baru di lima desa dan kecamatan yaitu, Desa Kedungarum Kecamatan Kuningan, Desa Setianegara Kecamatan Cilimus, Desa Datar Kecamatan Cidahu, Desa Sumurwiru Kecamatan Cibeureum dan Desa Jalatrang Kecamatan Cilebak.

“Untuk pelaksanaan ini mulai dari bulan maret sampai dengan desember. Dan akan dilakukan evaluasi terhadap perkembangan keberhasilan program ini,”pungkas Ika.

Tampak hadir dalam Acara Launching Program Bunda Menyapa, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Kuningan, Dr. Deni Hamdani, M.Si, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Kuningan, Dr. Ukas Suharfaputra, MP, Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Kuningan Ir. H. Dodi Nurochmatuddin, MP, jajaran pengurus Tim Penggerak PKK Kabupaten Kuningan, unsur Muspika Kecamatan Cidahu dan masyarakat. (Handy).