Indonesian English

Program Gizi Anak Sekolah Disosialisasikan

Kategori: 

Kabupaten Kuningan termasuk salah satu daerah yang mendapat bantuan Program Gizi Anak Sekolah (Progas) di Indonesia. Program yang digelontorkan melalui Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI ditujukan untuk sarapan peserta didik.

Ada 10 SD di Kabupaten Kuningan yang mendapat program tesebut yaitu di Kecamatan Ciawigebang dan Kecamatan Cigugur. Setiap peserta didik khususnya SD, mendapat jatah sarapan pagi senilai Rp15.000 untuk satu kali makan selama 108 hari makan anak (HMA).Pemerintah juga memberikan alat masak seharga Rp. 1.449.00 per sekolah dasar. “Penerima bantuan tersebut adalah sekolah dasar yang masuk dalam data pokok pendidikan (DAPODIK),” kata Plt Bupati Kuningan, Dede Sembada, pada acara Sosialisasi Pemantapan program gizi anak sekolah, di SDN Sukaraja Kecamatan Ciawigebang, Senin (23/4/2018).

Menurutnya, sejak tahun 2016 Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar merintis kegiatan proga. Kabupaten Kuningan termasuk dalam salah satu kabupaten yang menjadi target sasaran progas. Ia menambahkan, dengan gizi yang baik dan sarapan pagi yang rutin diharapkan akan menambah asupan gizi sehingga mampu meningkatkan konsentrasi peserta didik dalam belajar" ujar Plt Bupati Kuningan. “Kegiatan ini dilaksanakan atas tanggung jawab pemerintah untuk pemenuhan gizi, perilaku hidup bersih dan sehat peserta didik. Untuk mewujudkan program pemerintah dalam peningkatan gizi anak,”paparnya. 

Sosialisasi itu dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kuningan, Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Dasar, Kepala Seksi Kesiswaan Disdikbud Kuningan, Praktisi kesehatan dari Dinas Kesehatan Kuningan UPTD Puskesmas Ciawigebang dan Cigugur, Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Ciawigebang dan Cigugur serta para kepala sekolah, bendahara sekolah, komite sekolah, dan juru masak dari sekolah-sekolah yang ada di lingkungan UPTD Pendidikan Ciawigebang dan Cigugur.(Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan)