PSNU. PC. Pagar Nusa Jadikan Pesilat Tangguh dan Jiwa Kesatria

Kategori: 

Kuningan ,- Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, S.H. M.H hadiri kegiatan Masa Penerimaan Anggota (MAPAG) dan Ujian Kenaikan Tingkat (UKT) PSNU. PC. Pagar Nusa Kabupaten Kuningan di Ponpes Hidayatul Falah Dusun 2, RT 10, RW 02, Desa Sukamukti, Kecamatan Cipicung, Sabtu (09/01/2021).

Acara ini memiliki tujuan pelaksanaan untuk meneruskan suatu wadah dibawah naungan NU khusus seni bela diri Pencak Silat dan melakukan kegiatan pelestarian, pembinaan dan pengembangan Pencak Silat khusus di lingkungan Nahdlatul Ulama.

Dalam sambutannya Bupati menyampaikan, dalam Islam mengajarkan Rahmatan Lil Alamin, yang artinya Rahmat bagi Alam dan seluruh isinya. Maka dari itu kegiatan MAPAG dan UKT ini di Pagar Nusa, di ikuti dengan pembelajaran dan arahan dari sosok guru untuk membentuk karakter, mental, dan spiritual.

“Persilatan sendiri sudah berkembang, bukan hanya di tingkat Lokal, Regional, Nasional bahkan sudah mendunia. Jadikanlah Pencak Silat ini sebagai salah satu kegiatan dalam rangka membangun fisik yang akan menciptakan mental yang baik dan kuat serta tetap maju dengan menjaga ciri khasnya karena merupakan warisan dari leluhur kita. “ Ujar Bupati.

Ia juga berpesan walaupun ada perbedaan budaya justru akan menciptakan kearifan lokal dan kebhinekaan. Serta untuk peserta Pencak Silat harus menjadi Pesilat yang tangguh dan  memiliki jiwa ksatria.

Ketua Pagar Nusa Kabupaten Kuningan Alfin Fadillah menyampaikan bahwa, Pagar Nusa bertujuan untuk mencetak pendekar bangsa yang berkarakter, sehat secara jasmani dan rohani, serta bersinergi dengan semua pihak, terutama Pemerintah Kabupaten Kuningan untuk memperkokoh pembangunan kabupaten kuningan.

“Pagar Nusa Kabupaten Kuningan juga siap memperkuat Moto Juang yaitu Kuningan maju berbasis Desa. Yang terdiri dari beberapa daerah di Kuningan, mulai dari Subang sampai Cidahu dengan total anggota mencapai 500 lebih.  Acara ini dapat terlaksana juga karena berkat bantuan pemerintah.” Ujar Ketua Pagar Nusa Kabupaten Kuningan Alfien Fadillah.

Sementara ketua Panitia Supriadi, S.E melaporkan Peserta Kegiatan yang terdiri dari 149 peserta MAPAG, dan 54 peserta UKT, sehingga total menjadi 203 peserta, yang akan dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu di Pondok Pesantren Hidayatul Falah, Desa Sukamukti, Kecamatan Cipicung, difokuskan untuk Santri di Kabupaten Kuningan.

Hadir dalam kesempatan ini Sekda Kab. Kuningan Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, M.Si., Kabag Kesra, Muspika Ciawigebang, Danramil Ciawigebang dan Kapolsek Ciawigebang beserta jajaran. (BID/IKP/DISKOMINFO)