Indonesian English

PTSL Tahap II, Kantah Kuningan Garap 20.000 Bidang Tanah

Setelah sukses melaksanakan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahap pertama Tahun 2017 sebanyak 22.000 bidang tanah, kini Kantor Pertanahan (Kantah) Kabupaten Kuingan kembali menggarap 20.000 bidang tanah dalam PTSL tahap kedua yang tersebar di 13 desa dari 4 kecamatan.

"Alhamdulillah untuk PTSL tahap pertama dengan target 22.000 bidang sudah selesai bulan Agustus ini, dan kami kembali diberi target 20.000 bidang tanah untuk dilaksankan dalam tahap dua yang harus selesai bulan Nopember 2017 mendatang," tutur Kepala Kantah Kab.Kuningan melalui Kepala Sub Bagian Tata Usaha Ayat Suyatna, S.Sos., SH kepada Info Kuningan, Rabu (23/8/2017) diruang kerjanya.

Lebih lanjut Ayat menuturkan, PTSL Tahap kedua dalam pelaksanaannya sudah mencapai tahap sosialisasi kepada para Kepala Desa yang wilayahnya menjadi lokasi PTSL. "Sudah sampai tahap sosilaisasi kepada Kepala Desa yang desanya menjadi target PTSL. ada 13 desa diantaranya, Desa Baok, Andamui, Garajati, Karangbaru, Cihanjaro, Simpay Jaya, Sukasari, Tanjungkerta, Karangkancana, Cirahayu, Panyosogan, Geresik dan Desa Kramatmulya Ciawigebang," jelasnya.

Dalam pelaksanaan PTSL tersebut, ayat mengemukakan pihaknya juga menggandeng pihak ketiga yakni PT.Bias Reka dan PT.Citra Land Utama, mengingat pelaksanaan PTSL berbeda dengan PRONA. Adapaun perbedaan antara PTSL dan PRONA dikemukakannya yakni, jumlah bidang tanah pada kegiatan PTSL lebih banyak, sifatnya sistematis serta untuk desa yang dijadikan lokasi PTSL semua bidang tanah diukur dan didaftarkan.

"Untuk tahap pengukuran, kita menggandeng pihak ketiga yaitu PT.Bias Reka dan PT.Citra Land Utama, karena tenaga pengukur yang kita miliki terbatas, sebab PTSL ini berbeda dengan PRONA dalam pelaksanaannya," pungkas nya. (Yudi Suprayudi/MC Kuningan)