Indonesian English

Puluhan Pelajar SMA/SMK Ikuti Pelatihan Membuat Website

Sebanyak 50 orang Pelajar SMA/SMK di Wilayah Kabupaten Kuningan mengikuti pelatihan membuat website yang digelar Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kuningan, Selasa (13/12) bertempat di Rumah Makan Lembah Ciremai Kramatmulya Kuningan.

Pelatihan yang digelar melalui kegiatan Sosialisasi Media Center Kepada Masyarakat Dalam Upaya Peningkatan Informasi Pembangunan itu, dihadiri Kepala Diskominfo Kab.Kuningan Drs.H.Nurahim, M.Si beserta jajaran dan dibuka oleh Bupati Kuningan yang diwakili Staf Ahli bidang Kemasyarakatan Ir.H.Jajat Sudrajat, M.Si.

Dalam sambutannya, Staf Ahli Bupati mengemukakan, informasi telah menjadi kebutuhan serta bagian terpenting dari masyarakat modern saat ini, oleh sebab itu keberadaan Media Center di Diskominfo Kuningan, harus dirasakan manfaatnya oleh publik dalam mengakses maupun menyebarluaskan informasi.

“Hak memperoleh informasi bagi setiap warga negara telah dijamin oleh undang-undang yakni uu no.14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik. oleh karena itu, keberadaan media center di diskominfo, agar dapat dimanfaatkan oleh publik dalam mengakses maupun menyebarluaskan informasi, terutama para pelajar untuk mencari referensi bahan tugas sekolah, daripada datang ke warnet lebih baik ke Media Center yang gratis,” kata Jajat.

Slain sebagai pusat informasi dan komunikasi bagi publik, dikatakan Jajat,  Media Center juga berperan sebagai pertukaran informasi dari daerah ke pusat atau sebaliknya, terutama dalam iformasi pembangunan dan pemerintahan. Menurutnya, hal tersebut dapat dilihat dengan adanya portal Info Publik Kementerian Kominfo RI.

“Melalui kegiatan ini saya berharap, kedepan para peserta yang merupakan pelajar ini mampu membuat atau membangun, mengolah dan mengelola sebuah website sebagai sarana informasi yang akan terintegrasi dengan media center,” pungkasnya.

Usai membuka acara, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi dari Kepala Diskominfo Drs.H.Nurahim, M.Si tentang Media Center dan Kabid Komunikasi Edi Mukhtar, S.IP tentang Pengenalan Aplikasi Website dilanjutkan dengan pelatihan membuat Aplikasi Website oleh narasumber dari Persada Informatika. (Sumber : MC Kuningan / Yudi Suprayudi)