Rapat Koordinasi Komisariat Wilayah Forum Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat

Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, M.Si. didampingi oleh Kabag Organisasi menghadiri Rapat Koordinasi Komisariat Wilayah Forum Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat di Kabupaten Karawang, Jumat (02/01/2020).

Hadir dalam acara tersebut Pjs. Bupati Karawang Dr. Ir. H. Yerry Yanuar, MM., Kepala Sekretariat Forsesdasi Komwil Jawa Barat Drs.H. Asep Sukmana., M.Si., Ketua Forsesdasi Komwil Provinsi Jawa Barat Drs. H. Ade Syarip Hidayat, M.Pd., Direktur Jenderal Otonomi Daerah, dan Sekretaris Daerah se-Jawa Barat.

Rapat Koordinasi Komisariat Wilayah Forum Sekretaris Daerah adalah kegiatan rutin yang selalu dilakukan. Tetapi, selama pandemi berlangsung, baru dilaksanakan setelah 6 bulan vakum. Menurut Sekda Kabupaten Kuningan, dalam kesempatan ini telah diadakan koordinasi kaitan dengan jabatan fungsional, kaitan dengan penanganan covid dan hal-hal yang bersifat koordinasi. Dalam rakor ini juga sekaligus melakukan pemilihan pengurus baru agar kerja sama antardaerah Di Jawa Barat lebih diintensifkan melalui koordinasi antara Sekertaris Daerah.

Sebagai seorang Sekretaris Daerah, para Sekda harus memiliki ketulusan dan keikhlasan dalam menjalankan tugas sebagai pelayan publik dan pelaksana kebijakan publik. Sekda haru dapat bekerja sesuai kebijakan-kebijakan yang dibuat oleh para pejabat publik, dimulai dari Undang Undang, Perda, dan peraturan-peraturan lainnya.

Dalam sambutan yang diberikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Karawang Dr. H. Acep Jamhuri, M.Si, mengatakan “saya berharap kita sebagai sekda birokrat tertinggi di daerah bisa memberikan contoh, sehingga mereka atau kepala dinas tidak cerita perihal politik, dan mereka bisa bekerja fokus melayani masyarakat.” 

Dalam kesempatan ini, Ia juga berterima kasih pada Sekda se-Jawa Barat atas dukungannya untuk kegiatan ini, sebagai wujud memberikan pelayanan, menjabarkan apa yang dibuat oleh Jawa Barat dan bermimpi agar bisa menjadi Jabar Kahiji.

Sebagai pendengar aspirasi, Political will Sekda telah ditegaskan oleh Mendagri dalam surat tanggal 31 agustus 2020, Sekda harus dapat proaktif menyampaikan usulan identifikasi, dan melakukan transformasi program fungsional di lingkungan kementrian.

Menurut Sekda Provinsi Jawa Barat Dr. Ir. Setiawan Wangsaatmaja. Dipl. SE, M.Eng dalam Paparan arahan tindaklanjut penyederhanaan birokrasi pemerintah daerah, untuk melakukan upaya transformasi dalam konteks pemerintah daerah, tentu harus mencermati perkenaan dengan tugas-tugas pengeksekusian segala urusan Pemda di masing-masing provinsi.

Dilihat dari UU Pemda Pasal 1 angka 23, dalam rangka menyelenggarakan urusan pemerintahan, kepala daerah dan DPRD dibantu oleh perangkat daerah. Diharapkan dalam membantu pemerintahan dapat merepresentasikan keahlian, kompetensi dan sistem kerja sesuai dengan kebutuhan pengeksekusian masing-masing urusan.

“Jika kita belum melakukan transformasi, janganlah kita berhenti karena masih banyak sisi lain yang harus diperhatikan, di samping bicara tentang transformasi struktural fungsional, tetap harus melalukan upaya inovasi dan kultur.” Ujarnya.

Saat ini, daerah cenderung siap dalam mensupport perubahan-perubahan dengan catatan sepanjang regulasi teknisnya sudah pasti. Menurutnya, pada Jumat lalu, ada delegasi bersama dengan kemenpar yang dipimpin oleh tim wapres, dalam kesempatan tersebut sedang disusun rancangan penyesuaian penghasilan sekaligus merekapitulasi detail-detail untuk tranformasi. (BID/IKP/DISKOMINFO)