Indonesian English

Renungi Hikmah Idul Adha

Kategori: 

Sudah menjadi agenda rutin setiap Hari Raya Idul Fitri maupun Idul Adha Bupati Kuningan H. Acep Purnama beserta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah melaksanakan shalat hari raya Idul Adha di Masjid Syiarul Islam. Usai pelaksanaan Shalat Idul Adha Bupati Kuningan atas nama Pemkab Kuningan menyerahkan satu ekor sapi kepada DKM Masjid Syiarul Islam, Jumat (1/9) di halaman masjid.

Sebelum pelaksanaan Shalat Idul Adha Bupati Kuningan dalam sambutannya menuturkan, dengan penuh tawadhu, kita kumandangkan takbir, Tahmid dan Tahlil mengagungkan Asma Allah dalam menyambut Idul Adha 1438 H, Hari Raya Umat Islam yang merupakan bagian dari sejarah Perjuangan Nabi Ibrahim Alaihis salam.

Pagi ini kita patut bersyukur kita dapat melaksanakan shalat Idul Adha dengan arasa aman, nyaman, berbeda dengan saudara-saudara kita di Palestina yang masih dijajah zionis, atau dengan saudara-saudara kita di rohingya yang saat ini dibantai dan ditindas oleh mayoritas penduduk negerinya.

Hari ini adalah Idul Adha atau Hari Raya Qurban, hari dimana kita memperingati perjuangan dan kurban yang dilakukan oleh keluarga Nabi Ibrahim AS. Banyak nilai-nilai mulia, perjuangan dan pengorbanan serta kesetiaan pada Allah SWT dan sesama manusia yang mereka wariskan untuk dapat kita teladani hingga saat ini.

Dalam pelaksanaan Hari Raya Idul Adha ini, begitu banyak hikmah yang dapat kita pelajari dari Nabi Ibrahim Allaihisallam yang diberi gelar Holiyullah (kekasih Allah), karena beliau sangat taqwa sehingga di uji oleh Allah swt. Dengan keteladannya harus mengorbankan putra tercintanya Ismail allahisallam.

Dikatakan Bupati Kuningan semangat perjuangaan Nabi Ibrahim telah memanggil kita, untuk melakukan kepedulian sosial dalam kehidupan bersama, terutama kepedulian dan tanggungjawab terhadap saudara-saudara kita yang masih hidup dibawah garis kemiskinan.

Bupati berharap agar ibadah sosial qurban dan sedekah dapat menopang kesenjangan sosial, hidup berdampingan dengan penuh ketenangan dan keharmonisan. Sehingga dapat tertanam kasih sayang, hati dan rasa menyatu, bathin terikat diantara kita semua. (*DoniS*/Bag.Humas Setda)