Indonesian English

Ribuan Anggota Linmas Dilantik Untuk Turut Mengawal Pilkada

Kategori: 

Sebanyak 3.420 anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) yang tersebar di seluruh kelurahan/desa Kabupaten Kuningan, dilantik Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Kuningan, di Lapang Pandapa Paramarta, Kamis (25/1/2018).

Meski dilaksanakan di ruang terbuka, namun sejumlah anggota Linmas itu bisa duduk bersama karena pihak panitia memasang tenda serta kursi sehingga mereka nyaman dalam mengikuti prosesi pelantikan dan sumpah janji anggota Linmas.

Acara itu disaksikan Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, MH. Kapolres Kuningan, AKBP Yuldi Yusman, Dandim Kuningan, Sekda Kuningan, Kasat Pol PP Provinsi, Perwakilan Kajari, Ketua Panwaslu, Ketua KPU. Bertempat di Pandapaparamarta, Kamis (25/1/2018).

Bupati Kuningan H. Acep Purnama, menyatakan peranan Linmas di masyarakat cukup besar terutama dalam menjaga kemanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat. Untuk itu Bupati Acep mengapresiasi atas peran Linmas. “Tak jarang pada saat kita tidur, para Linmas tetap siaga menjaga lingkungan sekitar. Beitu pula ketika ada hajatan, bencana serta orang meninggal Linmas turut berperan membantu,” kata Bupati Acep Purnama dalam sambutannya.

Tak terkecuali pada saat menjelang pemilihan kepala daerah, Linmas pun turut berartisipasi aktip dalam menjaga kondusifitas masing-masing desa/kelurahan. Terkait hal itu Bupati Acep mengingatkan agar anggota Linmas meningkatkan perannya pada dalam penyelenggaraan pilkada pada tanggal 27 Juni mendatang.

“Saya berharap dalam penyelenggaraan mendatang Linmas bekerja sama Pilkada 2018 Linmas mampu bekerja sama dengan pihak kepolisian, TNI, KPU, dan Panwaslu dalam menjaga kondusifitas masyarakat. Bupati percaya bahwa Linmas akan melaksnakan tugas dengan baik sesuai tanggungjawab, yang diberikan, karena dibekali pengetahuan serta arahan dari instansi terkait dalam hal ini Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Kuningan.

Hal senada disampaikan Kepala Sat Pol PP Kabupaten Kuningan, Indra Purwantoro, S.IP., Linmas mengemban hak dan kewajiban dalam memberikan perlindungan kepada masayarakat dan melakukan pembelaan negara. Ia mengharapkan, Linmas mencegah segala bentuk potensi bencana serta gangguan yang mengancam keamanan dan ketentraman serta ketertiban masyarakat. Dalam menjalankan tugasnya Linmas memegang teguh disiplin patuh dan taat kepada hukum yang berlaku. (Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan)