Sekda Kuningan Melaksanakan Rapat Kerjasama Bersama Sekda Kota Cirebon

Kategori: 

Sekda Kuningan Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, M.Si bertemu dengan Sekda Cirebon Drs. H. Imron, M.Ag untuk membahas kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Kuningan dengan Pemerintah Kabupaten Kota Cirebon mengenai Bagaimana pengelolaan air yang harus dikelola secara proporsional dengan memperhatikan hal-hal yang bersifat lingkungan hidup dan keserasian antar wilayah/sektor bertempat di Grage Sangkan, Selasa (15/09/2020).

Turut hadir dalam acara rapat tersebut Asda 1, Asda 2, Kabag Tapem, Kabag Ekonomi, Kabag Hukum, Direktur PDAM Kuningan dan begitupun perwakilan dari Pemerintah Kota Cirebon.

Sekda Kuningan menyampaikan bahwa pengelolaan air ini harus diatur dengan jelas karena dengan begitu akan memenuhi kebutuhan masyarakat di daerah tersebut, maka perlu adanya peraturan atau kesepakatan-kesepakatan antar wilayah kabupaten Kuningan dan Cirebon. Selain itu, telah terjalin juga hubungan sinergitas yang baik antara pemerintah kabupaten Kuningan dengan pemerintah kota Cirebon.

Mengenai pengelolaan air ini telah ditindak lanjuti dengan disepakatinya perjanjian kerjasama Bupati Kuningan Nomor 10 tahun 2009 dan walikota Cirebon Nomor 690 tahun 2009 tentang kerjasama pengelolaan Sumber mata air Desa Paniis Kecamatan Pasawahan Kabupaten Kuningan dan ini merupakan salah satu perjanjian pertama yang telah disepakati.

Kontribusi ini dapat ditinjau setiap 3 tahun sekali ada juga perjanjian kerjasama bupati nomor 25 tahun 2012 bersama Walikota Cirebon Nomor 690 tahun 2012 tentang perubahan perjanjian kerjasama antar bupati Kuningan dan walikota Cirebon tentang pengelolaan sumber mata air desa Paniis Kecamatan Pasawahan. Menurut Sekda kota Cirebon, pemerintah harus membuat perubahan untuk kepentingan masyarakat dilihat dari kebutuhan masyarakat lalu akan disebutkan secara formal terkait perubahan dan pembahasan terkait dilakukannya kerjasama baik secara substansi maupun perpasalnya.

Adapun perhitungan dari PDAM Cirebon yang harus bisa melakukan peningkatan pelayanan dan mengembangkan pelayanan namun dapat memberikan keuntungan disamping biaya konservasi yang diberikan pada pemerintah daerah kabupaten Kuningan. Penyampaian surat perjanjian ini disampaikan oleh Asisten Daerah Kota Cirebon untuk ditindaklanjuti. Dengan adanya kerjasama ini diharapkan mampu mempererat tali silaturahmi antara pemerintah Kabupaten Kuningan dan pemerintah Kabupaten Cirebon. (BID/IKP/DISKOMINFO)