Indonesian English

Sekda Pimpin Apel Terakhir Kali

Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan, H. Yosep Setiawan untuk terakhir kalinya memimpin apel yang dilaksanakan setiap pagi di Halaman Setda Kabupaten Kuningan. Pada hari Selasa (27/02/2018). Yosep Setiawan mengatakan akan pamit ‘beres-beres buku’ setelah 34 tahun melaksanakan tugas. Dan beliau selesai Dinas pada tanggal 1 maret 2018.

“Saya atas nama keluarga, atas nama pribadi, atas nama kedinasan, mohon dimaafkan yang sebesar-sebesarnya atas hal-hal salah yang telah dilakukan. Saya yakin selama 34 tahun melaksanakan tugas, ada hal-hal yang tidak sesuai dengan harapan dan cita-cita saudara. Itu merupakan hal yang wajar karena sebagai manusia biasa, kita kadang-kadang tidak bisa mencapai apa yang kita harapkan.” jelasnya.

Dalam arahannya selaku pemimpin apel, beliau menuturkan, sebagai PNS tentunya banyak mengalami hal-hal yang menyenangkan maupun yang tidak menyenangkan. Hal tersebut harus disikapi dengan biasa-biasa saja, dan dengan arif bijaksana. Menurut beliau, gaya seorang pemimpin pasti berbeda-beda. Akan tetapi jika kita bisa menyikapinya dengan arif dan bijaksana, mudah-mudahan hubungan vertikal dan horizontal akan bisa diatasi dengan baik.

Perbedaan dengan atasan sepanjang itu wajar, sebagai pegawai yang baik pasti akan berbicara soal usulan atau saran dengan cara yang baik dan beretika. Adapun diterima atau tidaknya oleh pimpinan itu bukan urusan kita. Jangan sampai segalanya hanya mengatakan ‘ya’. Kita harus mampu menganalisa perintah atasan. Beliau juga mengingatkan, agar siapapun yang nanti akan menjadi penggantinya, harus didukung jangan sampai ada hal-hal yang tidak pada tempatnya.(Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan)