Sekda Pimpin Rapat Koordinasi

Wakil Bupati Kuningan, H.M Ridho Suganda, SH., M. Si bersama Sekretaris Daerah Kab. Kuningan Dr.H. Dian Rachmat Yanuar, M.Si pimpin rapat koordinasi bersama Asisten Lingkup Setda, Kabag Tapem dan Camat se-Kabupaten Kuningan bertempat di Ruang Rapat Linggajati Setda Kab. Kuningan, Jumat (24/01/2020).

Berbagai permasalahan kembali dibahas dalam rapat koordinasi. Sekda Kuningan mengatakan dimana Kecamatan agar secara berkala memberikan Laporan Bulanan Kecamatan kepada Bupati melalui Sekda sesuai dengan Perbup Nomor 66 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas Pokok, Fungsi dan Uraian Tugas, serta Tata Kerja Kecamatan Kabupaten Kuningan.

Selanjutnya, para Camat agar lebih meningkatkan pembinaan dan pendampingan terhadap perencanaan desa dan penggunaan Dana Desa. Camat juga harus ikut andil dalam pengawasan dan pengendalian kegiatan proyek pembangunan, izin dan aktivitas galian C serta perijinan pembangunan perumahan, dikarenakan seringkali menimbulkan permasalahan. Meskipun kewenangan kecamatan masih belum maksimal.

Sekda menekankan agar menjadi perhatian seluruh Camat se-Kab. Kuningan bahwa mengenai penganggaran belanja urusan di 32 Kecamatan hampir rata-rata sama, padahal masing-masing kecamatan pasti memiliki karakteristik , problematika dan kebutuhan khusus masing-masing wilayahnya, untuk itu agar para Camat dapat menyesuaikan.

Dalam rangka pengelolaan dana desa dan alokasi dana desa, menurut Sekda, diperlukan Pembinaan dan Pengawasan Pengelolaannya. Sehingga tercipta sistem membangun desa melalui Sinergitas antara Pemerintah Daerah dan Pemerintah Desa. Pengelolaannya pun harus selaras dengan Visi Kuningan MAJU Berbasis Desa Tahun 2023.

Untuk Perencanaan 2021 dan anggaran kecamatan agar camat dapat memperhatikan jadwal perencanaan pembangunan 2021, dimana jadwal pelaksanaan Musrenbang Kecamatan dilaksanakan pada tanggal 20 hingga 30 Januari 2020. 16 Kecamatan telah melaksanakan Musrenbang hingga Kamis 23 Januari 2020 dan untuk 16 Kecamatan yang belum melaksanakan Musrenbang agar mempersiapkan diri sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. (Bid. IKP/Diskominfo)