Sekda Tinjau Daerah Terdampak Bencana di Wilayah Kuningan Timur

Kategori: 

Sekretaris Daerah Kab.Kuningan Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, M. Si melakukan peninjauan ke beberapa lokasi Terdampak Bencana beberapa tahun lalu di Wilayah Kuningan Timur, seperti Desa Cibingbin, Desa Cimara, Desa Kawungsari, Desa Baok Senin/27 Januari 2020.

Selain Sekda ikut hadir meninjau Kepala Pelaksana BPBD Kab. Kuningan Agus Mauludin, Kepala PUPR Kab. Kuningan Ridwan Setiawan Saat ini warga yang rumahnya terkena bencana banjir dan retakan tanah telah direlokasi ke wilayah yang lebih aman dan telah dibangun rumah-rumah yang merupakan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Tahun 2019. Menurut keterangan Dari Kepala Desa Aris Musahadat mengatakan bahwa Ada 15 RT yang selalu menjadi langganan banjir di Wilayah tersebut seperti di Blok Kliwon RT 3,4,7 Dan 14 misalnya yang selalu kebanjiran air Dari aliran sungai Cijangkelok ketika musim penghujan tiba.

Sementara itu Pemerintah Daerah Kab. Kuningan terus berupaya untuk menangani Hal tersebut Salah satunya yakni dengan cara menormalisasi Wilayah disekitar aliran sungai Cijangkelok yang ditargetkan dengan kurun waktu 14 hari. Dan dilakukan pengerukan untuk wilayah yang lainnya yang menjadi titik masalah penyebab Bencana banjir seperti di Blok pesantren, Citenjo.

Solusi tersebut diharapkan Akan meminimalisir ancaman Bencana yang menghantam daerah-daerah tersebut dimana siklusnya selalu terjadi setiap Februari. Adapun pihak yang Akan terlibat dalam penanganan masalah tersebut adalah Pemerintah Daerah, BBWS, Kodim, Polres, Kecamatan, Desa , semua Akan ikut terlibat. ( Bid IKP/ DISKOMINFO)