Indonesian English

Setelah Meninjau Lokasi, Plt Bupati Akan Undang Pengusaha Galian Batu Di Desa Cipondok

Kategori: 

Pelaksana tugas Bupati Kuningan Dede Sembada bersama Kapolrres Kuningan, AKBP Yuldi Yusman turun langsung meninjau lokasi galian batu di Dusun Cibodas Desa Cipondok, Kecamatan Cibingbin, Hal itu menyikapi keluhan masyarakat, karena keberadaan galian dianggap mengancam keamanan serta keselamatan warga. Selain Kapolres hadir pula Wakapolres Kuningan Kompol Nanang Suhendar SH, Kepala Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan DR. Wahyu Hidayah M.Si, Kapolsek Cibingbin, Camat Cibingbin, beserta perangkat desa Cipondok.

Sebelumnya warga Desa Cipondok mengeluh karena keberadaan lokasi galian itu mengancam keselamatan warga. Oleh sebab itu Plt Bupati Kuningan Dede Sembada menindaklanjutinya dengan meninjau lokasi galian tersebut. Setelah meninjau langsung, Plt Bupati Kuningan mengatakan galian yang berada di dusun Cibodas Desa Cipondok Kecamatan Cibingbin itu memang jaraknya berdekatan dengan pemukiman penduduk. Ia pun merasa khawatir lokasi galian batu itu mengancam keselamatan warganya. Selain itu dengan adanya longsoran material penambangan yang kena rumah warga serta lalu lintas transportasi angkutan galian.

Dede mengingatkan kepada pengusaha dengan adanya galian ini bisa berdampak terhadap lingkungan serta dikhawatirkan mengakibatkan bencana alam. “Setelah meninjau lokasi galian batu ini saya akan menindaklajuti dengan mengundang pengusaha, instansi terkait, jajaran kepolisian dan Dinas ESDM Provinsi Jawa Barat untuk duduk bersama membahas kegiatan penambangan ini,” kata Dede Sembada, saat meninjau galian batu di Desa Cipondok, Kecamatan Cibingbin, Kamis (5/4/2018).

Ia berharap pengusaha dapat memperhatikan zonasi atau jarak aman penambangan terhadap permukiman agar tidak membahayakan pemukiman masyarakat,” tandasya. (Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan)