Sinkronisasi Kegiatan UP2K-PKK Dengan UPK

Kategori: 

KUNINGAN – Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K)-PKK adalah segala kegiatan ekonomi yang diusahakan oleh keluarga , baik secara perorangan maupun kelompok, yang modalnya bersumber dari swadaya masyarakat, bantuan pemerintah, bantuan luar negeri, swasta, serta sumber lain yang sah dan tidak mengikat.

Hal itu disampaikan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kuningan, Hj. Ika Acep Purnama saat memberikan materi dalam kegiatan Pembinaan Pengelolaan Dana Bergulir Eks PNPM Mandiri Perdesaan Tahun 2020, di Lembah Ciremai Restaurant, Rabu (19/02/2020).

Usaha Ekonomi Keluarga adalah suatu bentuk kegiatan usaha yang dilakukan oleh keluarga, bertujuan meningkatkan pendapatan keluarga dalam rangka mewujudkan kesejahteraan keluarga. Maksud kegiatan tersebut, memperkuat kelompok-kelompok PKK dalam mengelola dan menumbuhkembangkan usaha ekonomi untuk meningkatkan pendapatan keluarga.

“Tujuan umum, tercapainya peningkatan usaha ekonomi keluarga melalui usaha kelompk/perorangan UP2K-PKK. Sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan keluarga,”terang Ika.

Jenis kegiatan yang dilakukannya, pembinaan kelompok potensial dan produktif, berbagi data perkembangan sasaran kegiatan (kelompok perempuan) dan kolaborasi kegiatan di lapangan. UPK dapat mengidentifikasi  potensi ekonomi tiap kelompok perempuan dan melakukan pembinaan keberdayaan kelompok perempuan tersebut sesuai dengan potensinya.

“Hasil yang diharapkan, adanya data yang menunjukan perkembangan dari kegiatan simpan pinjam kelompok perempuan dilihat dari aspek keadaan ekonomi keluarga pemanfaat. Serta adanya data keberadaan keluarga yang bisa disinkronkan oleh kegiatan UP2K kepada pengelola UPK,”pungkas Ika. (Handy Ramadhan).