Indonesian English

Sosialisasi Pangan Lokal Melalui Lomba Cipta Menu 18 JUL 2018 By Admin

Kategori: 

Wakil Bupati Kuningan, Dede Sembada, mengapresiasi acara Lomba Cipta Menu Tingkat Kabupaten Kuningan yang digelar Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kuningan, di Taman Pandapa, Rabu, (18/7/2018). Acara itu sekaligus dalam rangka Sosialisasi Peraturan Bupati (PERBUP) nomor 35 tahun 2018 tentang keamanan pangan segar di Kabupaten Kuningan. 

“Saya berharap melalui kegiatan lomba ini mampu meningkatkan ketahanan pangan lokal di Kabupaten Kuningan,” kata Dede dalam sambutannya. Upaya ini sambungnya Dede Sembada, diharapkan semakin menyadarkan dan menggerakan masyarakat untuk lebih mendayagunakan potensi pangan lokal sebagai makanan olahan dan menu seimbang dalam kehidupan sehari-hari.

Menurutnya, acara iu sejalan dengan Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2015 Tentang Ketahanan Pangan, Peraturan Bupati nomor 30 Tahun 2017 Tentang Penggunaan angan pituin/pangan lokal, peraturan Bupati Nomor 6 Tahun 2018 Tentang Pengelolaan cadangan pangan yang sekarang Peraturan Bupati nomor 35 tahun 2018 Tentang Keamanan Pangan Pasar.

“Acara lomba ini untuk mengenalkan dan mengedukasi menu makanan asli produk lokal Kabupaten Kuningan menjadi kebutuhan pangan yang sehat dan bergizi bagi masyarakat Kuningan,” kata Ketua Penyelenggara H. Sanusi M.P. Ia menjelaskan, dengan kebutuhan pangan yang bergizi secara tidak langsung berdampak baik terhadap kecerdasan anak. 

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kuningan, DR. Ukas Suharfaputra, mengatakan tersisihnya pangan lokal oleh produk interlokal harus segera diantisipasi. Jika tidak produk lokal pangan asli Kuningan secara perlahan akan tergeser. “Mari kita mengonsumsi kembali pangan lokal untuk kesejahteraan kita bersama sebagai masyarakat Kabupaten Kuningan,” kata Ukas. Acara Itu dihadiri Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provins Jawa Barat, Kepala Badan Diklat Sumber Daya Manusia Jawa Barat, Para Kepala Dinas Kabupaten Kuningan, Para Camat Se-Kabupaten Kuningan, Ibu Tim Penggerak PKK Kabupaten Kuningan, Kepala UPTD Se-Kaputen Kuningan, beserta jajaran (Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan)