Sosialisasi Sanitasi Bertumpu Pada Masyarakat

Sosialisasi Sanitasi Bertumpu Pada Masyarakat

Bupati Kuningan, Hj. Utje Ch Suganda membuka Sosialisasi Sanitasi Bertumpu Pada Masyarakat (SABERMAS) Kabupaten Kuningan di Ruang Rapat Linggajati pada Kamis (26/02/2015) yang dihadiri oleh Asisten Pembangunan dan Kesra , Kepala Dinas Tata Ruang dan Cipta Karya Kabupaten Kuningan, Kepala Bappeda Kabupaten Kuningan, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan serta para undangan lainnya.
 

Kepala Dinas Tata Ruang dan Cipta Karya, H. M. Ridwan Setiawan, MH, Msi menuturkan bahwa makdus dari sosialisasi tersebut merupakan sebuah upaya pemerintah provinsi Jawa Barat untuk mengingkatkan kesadaran masyarakat dan insfrastruktur pemukiman yang berdampak langsung pada peningkatan fungsi dan derajat kesehatan sedangkan tujuannya adalah untuk pembangunan sarana dan prasarana sanitasi pemukiman terutama bagi masyarakat berpenghasilan rendah dilingkungan pemukiman padat penduduk, kumuh dan rawan sanitasi.
 

“ Untuk kegiatan ini lokasinya adalah berada dikawasan perdesaan diarea resiko sanitasi dan atau kumuh, untuk Kabupaten Kuningan mendapat bantuan keuangan program Sabernas  dengan total anggaran sebesar Rp 54.100.000.000, untuk 50 desa dalam 17 kecamatan dimana anggaran tersebut bersumber dari dana APBD Provinsi Jawa Barat tahun anggaran 2015,” kata H. M. Ridwan Setiawan, MH, Msi.
 

Sementara itu Bupati Kuningan, Hj. Utje Ch Suganda dalam sambutannya menuturkan bahwa berkenaan dengan reformasi birokrasi tersebut, berbagai aturan telah dibuat baik oleh pemerintah pusat, provinsi maupun pemerintah daerah, pada kesempatan ini pemerintah Kabupaten Kuningan dalam program Sabernas mendapat bantuan sebanyak 50 desa dalam 17 kecamatan dengan sasaran titik perdesa jadi jumlah keseluruhan 100 titik dengan jumlah anggaran seluruhnya sebesar Rp. 54.100.000.000 (lima puluh empat milyar seratus juta rupiah). Untuk non fisik kontruksi sebesar Rp. 50.000.000.000 (lima puluh milyar rupiah) dan untuk non fisik sebesar Rp 4.100.000.000 (empat milyar seratus juta rupiah). “ Pada kesempatan ini pula sejalan dengan prioritas pembangunan di Jawa Barat Kabupaten Kuningan telah medapat pembangunan sanitasi bertumpu pada masyarakat dan untuk bantuan yang diterima kita harus dapat menggunakannya sebaik mungkin dan dengan hati-hati dalam penggunaanya, jangan sampai aturan-aturan diabaikan, sehingga tidak menimbulkan permasalahan dikemudian hari,” kata Bupati Kuningan.
 

Dalam sosialisasi tersebut dihadiri oleh para camat serta kepala desa yang akan mendapat bantuan program Sabernas, yang bertindak sebagai narasumber Andria Sukowati, ST.MT Kepala Seksi Penyehatan Lingkungan Dinas Pemukiman dan Perumahan Provinsi Jawa Barat. ( Sumber : Yhanes, Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan ).