Indonesian English

Tempat Pembuangan Limbah Ternak Sapi Akan Dibangun Di Cipari

Kategori: 

Permasalahan limbah sapi dari kawasan Cigugur khususnya dari kelurahan Cipari sudah sejak lama menjadi permasalahan, sekitar 10-15 ton kotoran sapi per hari dibuang dari peternakan sapi sehingga banyak keluhan dari masyarakat yang terkena dampak dari limbah sapi perah.

Melihat situasi tersebut, Bupati Kuningan mengadakan pembahasan mengenai limbah kotoran sapi dengan Camat Kecamatan Cigugur, Kepala Dinas Pertanian, Kapolsek Cigugur, Babinsa, Kepala Desa Cigugur, Pengurus Koperasi Sapi Perah yang menjadi mitra kerja peternak sapi perah dan perwakilan tokoh masyarakat di Kantor Kepala Desa Cigugur. (06/11/2018).

Untuk mengatasi permasalahan tersebut pemerintah akan membangun tempat pembuangan limbah sementara yang akan dibangun mulai besok tgl 7 November yang berlokasi di Cipari. Selain itu penataan jalan menuju tempat pembuangan limbah juga akan dilakukan agar mempermudah dalam membuang limbah.

Bupati Acep Purnama mengatakan bahwa dalam hal ini perlu adanya koordinasi dengan para peternak untuk membuang kotoran yang sudah dimasukan kedalam karung untuk dibuang ke tempat pembuangan yang sudah disediakan oleh Pemerintah. Bupati mengharapkan, kotoran yang sudah tertampung bisa diolah menjadi sesuatu yang memiliki nilai guna baik untuk pupuk, biogas dan lainnya. Setelah pembahasan selesai dilaksanakan Bupati Kuningan pun meninjau langsung perternakan Sapi Perah yang berada di Cipari Kecamatan Cigugur.