ULP Bina Pokja

ULP Bina Pokja

Wakil Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, berkesempatan memberikan pembinaan kepada 198 Anggota Unit Layanan Pengadaan (ULP) Kabupaten Kuningan, Rabu (18/02/2015) di Wisma Permata Kuningan. Hadir dalam kesempatan tersebut Asisten Pembangunan dan Kesra, Nana Sugiana, S.E, M.Si, Kepala Bagian Pembangunan, Bambang. Dalam arahannya Wakil Bupati Kuningan menuturkan bahwa tugas menjadi pokja merupakan tugas yang tidak mudah oleh karena itu pokja pengadaan barang dana jasa pemerintah agar dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawanya lebih profesional, teliti memiliki integritas moral yang tinggi, disiplin, sehingga pada akhirnya kualitas pekerjaan dapat tercapai dengan baik.
 

“ Dengan pembinaan ini saya mengharapkan pokja pengadaan barang dan jasa pemerintah, Kabupaten Kuningan dapat memahami peraturan pengadaan barang jasa pemerintah beserta aturan aturannya serta perubahan-perubahannya serta dapat meningkatkan profesionalisme sesuai tugas pokok dan fungsinya.
 

Wakil Bupati juga menjelaskan bahwa dalam rangka mewujudkan pemerintahan yang baik dan bersih, sebagai anggota pokja pengadaan barang dan jasa harus mematuhi segala peraturan yang telah ditetapkan, memahami pekerjaan dan jenis pekerjaan yang diadakan sesuai dengan metoda dan prosedur pengadaan barang dan jasa pemerintah.
 

Sementara itu kepala Bagian Pembangunan sekaligus Sekretais Unit Layanan Pengadaan menuturkan bahwa Unit Layanan Pengadaa (ULP) dirancang sebagai satu perangkat pengadaan yang independen dan pokja-pokja yang berada di setiap SKPD merupakan satu kesatuan perangkat pengadaan yang independen dan poka-pokja yang diberada di setiap SKPD merupakan satu kesatuan perangkat pengadaan dalam naungan ULP, yang juga tugas dan kewenangannya ikut independen karena melekat pada fungsi ULP itu sendiri dengan misi dan tujuan yang sama yaitu dalam melaksanakan proses pengadaan barang/jasa pemerintah agar selalu berada pada koridor pengadaan barang/jasa pemerintah berbasis ketentuan peraturan.

 

Unit Layanan Pengadaan sendiri sampai saat ini memiliki pegawai bersertifikat keahlian pengadaan barang/jasa sebanyak 194 orang, dari total 173 orang yang aktif, kemudian 19 orang menjadi Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 21 orang tidak bersedia menjadi pokja salah satunya karena sakit dan batas usia menjelang purna bakti. ( Sumber : Yohanes, Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan ).

ULP Bina Pokja