Indonesian English

Unik, Warga Perumahan Mutiara Kasturi Pilih Ketua RW Ala Pilkada

Salah satu upaya dalam memberikan pendidikan demokrasi kepemimpinan kepada masyarakat, warga komplek Perumahan Pesona Mutiara Kasturi (PMK) Desa Kasturi Kecamatan Kuningan Kabupaten Kuningan, menggelar pemilihan Ketua Rukun Warga (RW) 06 layaknya pilkada.

Kegiatan pemilihan yang digelar Minggu (19/3/2016) di komplek PMK tersebut, mendapat sambutan positif dari warga setempat, buktinya dengan antusiasnya warga mendatangi Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang telah disediakan panitia.

Ketua panitia penyelenggara, Deden Setiawan, S.Pd saat ditemui dilokasi pengumpulan suara kepada Info Kuningan mengemukakan, pemilihan ketua RW 06 dengan cara mencoblos merupakan bentuk inovasi sekaligus memberikan pendidikan demokrasi kepada warga pada lingkungan terkecil. Dimana dalam pelaksanaannya dikatakan Deden, mengikuti tahapan-tahapan pemilihan yang telah dirumuskan pihak panitia.

"Kita mencoba melakukan inovasi dalam pemilihan ini (red_pemilihan Ketua RW), kita dari panitia menyusun tahapan-tahapan nya mulai dari menjaring dan menetapkan calon ketua RW, mendata pemilih, pengadaan surat suara, menentukan hari pencoblosan sampai dengan penghitungan dan penetapan pemenangnya. ya layaknya KPU lah, KPU mini kalau ini sih," tutur Deden.

Dari 586 warga yang memilki hak pilih, menurut Deden hampir 90 persen warga hadir mengikuti pemilihan tersebut.

"Alhamdulillah, animo warga cukup tinggi untuk mengikuti pemilihan. Karena sebelumnya ketua RW dipilih dengan cara ditunjuk langsung oleh beberapa perwakilan warga dalam rapat, kalau sekarang kan dipilih langsung oleh warga dengan cara mencoblos seperti pilkada. Mungkin ini pertama kali di Kuningan, bisa dicontoh sepertinya," kata Deden.

Selanjutnya Ketua Panitia mengatakan, pemilihan Ketua RW 06 PMK dilaksanakan dengan cara langsung ini, mengingat ketua RW memiliki tugas dalam membantu pemerintahan desa atau kelurahan, dimana keberadaanya diatur dalam peraturan perundang-undangan yaitu dalam Permendagri RI. Sehingga menurutnya, ketua RW harus memiliki kopetensi terutama dalam bidang pemerintahan.

"Semoga dengan dilaksanakannya pemilihan ketua RW 06 secara langsung yang diikuti oleh empat calon dari perwakilan masing-masing RT ini,  bisa diperoleh ketua RW sesuai pilihan warga terutama yang memilki kopetensi lebih dalam bidang pemerintahan sehingga mampu mengayomi seluruh warga PMK dan berinovasi memajukan komplek kami kearah yang lebih baik," pungkasnya.

Dari pantauan Info Kuningan, meski dilokasi pemilihan sempat diguyur hujan, namun warga komplek setempat tetap antusias mengikuti kegiatan tersebut.   (Yudi/MC Kuningan)