Indonesian English

Upacara Tradisi Kawin Cai Di Balongdalem

Kategori: 

Masyarakat Desa Babakanmulya, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan, melaksanakan Upacara Adat kawin Cai, bertempat di kawasan Balong Dalem Desa Babakanmulya, Kecamatan Jalaksana, Kamis (25/10/2017). Upacara Tradisi Kawin Cai merupakan bagian masyarakat sebagai bentuk syukuran kepada Yang Maha Kuasa serta dijadikan simbol dalam upaya memelihara lngkungan sekitar.

“Tradisi Kawin Cai yang setiap tahun digelar di desa Babakanmulya, patut terus dilestarikan karena memiliki pesan kepada kita untuk menjaga kelestarian lingkungan terutama sumber air yang di sini,” kata Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, dalam sambutan saat menghadiri acara tersebut. Sebagai gambaran, dalam pelaksanaan upacara tradisi Kawin Cai diawali dengan mengambil air dari Balong Cibulan yang berlokasi di Desa Maniskidul, Kecamatan Jalaksana.

Selanjutnya air dari Cibulan itu disatukan dengan air di lokasi Batu Kawin sekitar Balongdalem, Sebelum menyatukan air dari Cibulan, diawali dengan upacara adat mapag yang dipandu oleh pembawa acara. Setelah itu, baru rombongan menuju lokasi prosesi kawin cai dengan diiiringi tabuhan serta para penari.

Bupati merasa gembira dan mendukung atas upaya Pemerintah dan masyarakat Desa Babakanmulya yang mampu menjalin Kerja Bersama Pemerintah Désa Maniskidul dalam melaksanakan upacara tradisi itu. .”Semoga pesta budaya ini mengandung manfaat dalam rangka memelihara dan mengembangkan nilai-nilai budaya tradisional masyarakat agraris sehingga bisa mendukung usaha meningkatkan perekonomian masyarakat,” paparnya. .(HADI/Pubdok-Humas Setda Kabupaten Kuningan)