Indonesian English

UPTD LPSE Gelar Pelatihan SIRUP Versi 2

Dalam rangka menunjang pelaksanaan kegiatan pengadaan barang/jasa di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kuningan yang lebih transparan, akuntable, efektif dan efisien sesuai tata nilai pengadaan, UPTD Layanan Pengadaan Secara elektronik (LPSE) Dinas Komunikasi dan Informatika Kab.Kuningan menggelar pelatihan Aplikasi Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SIRUP) Versi dua, Kamis (23/2/2017) di aula Wisma Permata Kuningan.

Kegiatan yang diikuti 80 orang Admin PA/KPA dari SKPD di lingkungan Pemkab.Kuningan tersebut turut dihadiri Kepala Diskominfo Kab.Kuningan Drs.Teddy Suminar, M.Si, Sekretaris Diskominfo Rosjani Sekarwati, SH, Kepala UPTD LPSE Kusumo Daryo, S.Sos dan narasumber dari LKPP pusat.

Kepala UPTD LPSE Diskominfo Kab.Kuningan, Kusumo Daryo, S.Sos dalam laporannya mengemukakan, selain memberikan keterampilan pada peserta pelatihan untuk dapat menggunakan aplikasi SIRUP Versi dua dengan baik, tujuan utama lain dari pelatihan tersebut yakni memberikan pemahaman kepada peserta berkaitan dengan perencanaan pengadaan barang/jasa pemerintah sesuai dengan ketentuan-ketentuan pelaksanaan layanan pengadaan secara elektronik dalam rangka mewujudkan rencana umum pengadaan barang/jasa pemerintah yang baik untuk menunjang pelaksanaan kegiatan pengadaan yang lebih transparan, akuntabilitas, efektif dan efisien.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Kab.Kuningan, Drs.Teddy Suminar, M.Si  saat membuka kegiatan tersebut dalam sambutannya mengatakan, pengadaan barang/jasa pemerintah menjadi salah satu komponen penting dalam memutar perekonomian negara. Oleh karena itu menurut Teddy, pengadan barang/jasa pemerintah merupakan bagian dari pelayanan umum sehingga diperlukan penataan yang lebih baik melalui suatu sistem pengadaan barang/jasa secara elektronik (E-Procurement) yang akuntabel, transparan dan profesional.

"Akuntabilitas perencanaan dan pengadaan barang/jasa pemerintah, salah satunya dilakukan dengan melakukan perencanaan yang komprehensif, dimana pada akhir tahun anggaran sebelumnya proses perencanaan sudah dilakukan. hal ini untuk memastikan bahwa setiap pengadaan barang/jasa pemerintah dilakukan memenuhi kebutuhan dan sesuai dengan prinsip efektif dan efisien," tuturnya.

Selain sebagai syarat lelang, dikatakan Teddy aplikasi SIRUP dibangun dan dikembangkan dalam rangka optimalisasi proses pelaporan pengadaan barang/jasa pemerintah (PBJP) secara online.

"Melalui aplikasi SIRUP Versi dua ini, para kepala SKPD selaku PA/KPA dapat segera mengumumkan RUP dari SKPD nya masing-masing, karen pengumuman RUP menjadi syarat bagi Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah/Institusi untuk melakukan lelang secara elektronik (E-Tendering) menggunakan Sistem Pengadaan Secara elektronik (SPSE)," tandas nya. (Yudi/MC Kuningan)

Diposting oleh: 
Seksi Pemberdayaan dan Penyajian Informasi Dinas KOMINFO Kabupaten Kuningan, Luki Sugianto