Video Conference Rapat Koordinasi Virtual Pusat dan Daerah Dalam Rangka Percepatan Pelaksanaan Program Pertashop Kerjasama Kemendagri Dengan PT. Pertamina Tahun 2020

Kategori: 

Sekretaris Daerah Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, M.Si. melakukan Video conference mengenai Rapat Koordinasi Virtual Pusat dan Daerah Dalam Rangka Percepatan Pelaksanaan Program Pertashop Kerjasama Kemendagri Dengan PT. Pertamina Tahun 2020 ditemani oleh Kepala DPMD Kabupaten Kuningan dan Imat Masriadi S.IP., M.Si Kabid Usaha Ekonomi Masyarakat, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa di ruang kerja Sekda, Rabu (09/09/2020).

Dalam rapat virtual tersebut dihadiri oleh Sekretaris Jendral Dalam Negeri, Komisaris Tanah PT. Pertamina Persero , Direktur Utama PT. Pertamina Persero, Gubernur provinsi se-Indonesia dan Bupati/Walikota se-Indonesia. Kebijakan program pertashop merupakan kolaborasi kebijakan yang diinisiasi oleh kemendagri dengan Pt. Pertamina persero.

Pertashop atau pom bensin mini adalah lembaga penyalur Pertamina dengan skala kecil untuk melayani kebutuhan BBM, elpiji, dan pelumas yang tidak atau belum terlayani oleh lembaga penyalur Pertamina lain. Adapun tujuan lainnya yaitu untuk melatih dan menumbuh kembangkan desa agar memiliki jiwa entrepreneur. Pertamina akan memprioritaskan lembaga desa dan usaha UMKM sebagai pengelola Pertashop, sejalan dengan Program Pertamina One Village One Outlet sehingga nantinya pemerintahan desa memiliki pusat ekonomi baru.

Komisaris PT.Pertamina Persero Condrokirono menyampaikan bahwa rapat ini termasuk evalusi sekaligus mensosialisasikan program pemerintah yaitu pembangunan-pembangunan jaringan di desa-desa yang diharapakan ketersediaan BBM non subsisdi sehingga keterjangkauan masyarakat desa lebih efisien dan terpenuhi terutama masalah jarak. Program ini dimulai sejak Februri 2020, pertamina dipilih untuk bekerja sama dengan Kemendagri karena pertamina merupakan perusahaan energi nasional yang sahamnya dimiliki oleh pemerintah Indonesia.

Menanggapi program pertashop ini disambut baik oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan, karena dengan adanya program ini masyarakat yang jauh dari jangkauan pertamina berkaitan dengan BBM, Elpiji dan minyak pelumas akan mendapatkan kemudahan. Maksudnya dari akses jarak akan lebih dekat dan jaminan yang ditawarkannya bekerjasama dengan mitra atau bumdes. Hal tersebut dapat mengefektifkan bumdes dan program ini akan disosialisaskian dengan dinas yang terkait. (BID/IKP/DISKOMINFO)