Wabup Ajak Warga Waspada Bencana

Kategori: 

Hujan deras yang menguyur Kabupaten Kuningan pada Rabu (8/2/12) malam kembali menghadirkan bencana tanah longsor. Hujan yang turun sekitar jam 23.00 WIB malam sampai pagi tersebut telah mengancam keamanan daerah rawan bencana. Bencana tanah longsor yang dikarenakan oleh hujan deras tersebut terjadi Desa Cipedes tepatnya di Dusun Sindang Suka dan Desa Padamulya Kecamatan Maleber, di Dusun Sindang Suka sendiri telah terjadi longsoran yang mengakibatkan rumah milik warga mengalami rusak ringan.

Kejadian terparah yang terjadi di Desa Padamulya yaitu sekitar 7 rumah tertimpa bencana tanah longsor tersebut. Dan ada yang sampai rumahnya rata dengan tanah dengan kerugian diperkirakan sekitar 80 juta rupiah, sedangkan yang lainnya hanya rusak ringan saja.
Bencana tanah longsor yang menimpa dua Desa tersebut menggugah Wakil Bupati Kuningan, H. Momon Rochmana untuk mengunjunginya. Dalam kunjungannya yang didampingi oleh Kepala Dinas Tata Ruang dan Cipta Karya, H. Lili Suherli dan Camat Ciniru, Agus Suryo mengatakan, kewaspadaan masyarakat akan datangnya bencana harus terus dilakukan, karena bencana setiap saat akan terus mengintai kita apalagi di musim penghujan dan cuaca ekstrem seperti yang kita rasakan sekarang.
Kedepan warga yang rumahnya berada pada titik-titik rawan bencana jika terjadi hujan yang deras harus waspada dan apabila situasi kurang bagus sebaiknya mengungsi ketempat yang lebih aman sehingga tidak aka nada korban jiwa jika terjadi bencana.
Pihak Pemerintah Daerah melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD ) akan segera tanggap untuk memperbaiki rumah dan badan jalan serta jembatan yang rusak akibat bencana ini. ( Sumber : Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan ).