Indonesian English

Wabup Dede Monitor Dan Evaluasi DD Dan ADD

Wakil Bupati Kuningan melakukan monitoring dan evaluasi (monev) ke Desa Sindangsari Kecamatan Sidangagung, Desa Nangka dan Desa Babatan, Kecamatan Kadugede, Senin 11/9/2017). Hal itu dilakukan guna mengetahui kondisi desa terkait penyerapan ADD dan DD Tahun 2017 sesuai dengan APBDes.

Dalam kunjungan tersebut Wabup Dede tanpa pemberitahuan kepada pihak pemerintah desa tersebut, sehingga kedatangan wabup yang terkesan mendadak sedikit mengagetkan aparat desa. “Sengaja saya datang kesini tanpa pemberitahuan, ibarat bapak ingn tahu kondisi anaknya dan kedatangan saya untuk memastikan bahwa penyelenggaraan pemerintahan desa berjalan dengan baik.” kata Wakil Bupati Kuningan, Dede Sembada.

Beberapa hal disampaikan oleh Wabup antara lain menekankan adanya perencanaan dan pelaksanaan serta evaluasi dan pelaporan agar sesuai dengan Permendagri Nomor 46 Tahun 2016 Tentang Laporan Kepala Desa. Selain menyampaikan beberapa hal terkait penyelenggaraan pemerintahan desa,

Wabup Dede meminta kepada Kepala Desa, Ketua BPD dan Ketua LPM serta seluruh jajarannya yang dikunjungi untuk senantiasa berpegang teguh kepada aturan yang berlaku. Aturan dimaksud yakni mulai dari UU Nomor 6 tahun 2014, PP Nomor 43 tahun 2014 sebagaimana telah diubah dengan PP 47 Tahun 2015, PP 60 Tahun 2014 sebagaimana telah diubah dengan PP No 8 Tahun 2015, Permendagri terkait penyelenggaraan desa, perda dan perbup yang mengatur secara teknis tentang Dana Desa dan Alokasi Dana Desa (DD dan ADD).

Menurut Wabup Dede Sembada, kalau berpegang kepada peraturan perundang-undangan, maka penyelenggaraan pemerintahan desa akan berjalan dengan baik. Untuk itu perlu pemahaman dari semua aparatur pemerintahan desa dan kecamatan. Ia mengharapkan dengan kehadirannya, menjadi pencerahan bagi penyelenggaraan pemerintahan desa sehingga tidak ada kebijakan kepala desa yang tidak sesuai dengan aturan.

“Saya berharap pemerintahan desa semakin faham dengan peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang desa. Di bawah kepemimpinan Bapak Bupati H. Acep Purnama dan saya sebagai wakil bupati, alhamdulillah banyak regulasi yang berubah berpihak kepada desa,” jelasnya ( Cep/Pubdok - Bag.Humas Setda )