Wabup, Dorong Gunungmanik Jadi Desa Wisata

Kategori: 

CINIRU,- Wakil Bupati Kuningan, H. M Ridho Suganda, SH., M.Si mendorong pemerintahan Desa Gunungmanik, Kecamatan Ciniru untuk berinovasi demi kemajuan wilayahnya. Salah satunya dengan mengembangkan potensi yang ada di desa untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan penghasilan Pendapatan Asli Desa (PADes).

Hal tersebut terungkap saat Wakil Bupati Kuningan melakukan kunjungan kerja di Desa Gunungmanik, Rabu (1/7/2020). Didampingi Camat Ciniru, Indra Nugraha Ishak, S.STP., M.Si dan jajaran, beserta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan, Wakil Bupati diterima langsung Kepala Desa Gunungmanik, Rukmin Nuryadin, S.Pd di kantor pemerintahan desa setempat.

“Seperti yang Pak Kuwu sampaikan kepada saya, bahwa di Desa Gunungmanik ini memilki potensi wisata alam Curug Payung. Selain itu Desa Gunungmanik juga memiliki potensi perkebunan kopi 15 hektar dan pala 30 hektar. Ini perlu dikembangkan, agar potensi-potensi yang dimiliki menjadi sumber penghasilan bagi desa,” katanya.

Selain itu, Wabup juga mendorong upaya Bumdes Gunungmanik yang kini tengah mengembangkan produksi minuman buah pala dan kopi dengan merek ‘Kopi Ciraja’. “Saya sudah coba minuman dari buah pala dan Kopi Ciraja nya, rasanya luar biasa. Ini perlu dikembangkan pemasarannya, untuk perizinannya saya siap bantu,” imbuhnya.

Dengan melihat potensi yang dimilki, Wakil Bupati mendorong Desa Gunungmanik untuk menjadi salah satu desa wisata di Kabupaten Kuningan. “Kalau melihat potensi yang ada, Desa gunungmanik sudah layak dan harus menjadi desa wisata. Insya Allah dengan segala keterbatasan yang saya miliki, saya mensupport untuk mewujudkan keinginan kita semua menjadikan Desa Gunungmanik sebagai desa wisata yang dapat dinikmati semua masyarakat,” tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati juga mengingatkan seluruh jajaran Pemdes Gunungmanik untuk terus waspada terhadap ancaman pandemi Covid-19. Ia meminta Pemdes terus aktif dalam penanggulangan penyebaran Covid-19 dengan terus mengingatkan masyarakat untuk tetap menjalankan protokol kesehatan. (Bid IKP/Diskominfo)