Wabup, Hadiri Kick Off Penyusunan Rencana Induk SPBE

Kategori: 

KUNINGAN,- Wakil Bupati Kuningan, H. M Ridho Suganda, SH., M.Si, menghadiri kegiatan Kick Off Penyusunan Rencana Induk Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), yang digelar Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskomifo) Kabupaten Kuningan, Rabu (11/11/2020) di Ruang Rapat Linggajati, Setda Kuningan.

Hadir pada kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah, Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, M.Si, Rektor Universitas Telkom, Prof. Dr. Adiwijaya selaku Nara Sumber, Para Kepala SKPD, Para Asisten Setda Staf Ahli Bupati, dan Para Kabag dilingkup Setda Kuningan.

Dalam arahannya, Wakil Bupati menyampaikan, bahwa Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik merupakan penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunkasi untuk memberikan layanan kepad pengguna SPBE, sebagimana diamanatkan dalam Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2020 tentang SPBE.

"Agar pelaksanaan SPBE dapat berjalan dengan baik serta dapat mendukung pelaksanaan visi misi pimpinan dan bersinergi dengan program-program pemerintah pusat, maka perlu adanya perencanaan dalam pelaksanaannya. Dan Rencana Induk SPBE ini, merupakan syarat awal untuk mewujudkan Smart City," katanya.

Terkait hal tersebut, lanjutnya, penyususnan rencana induk SPBE merupakan tanggung jawab seluruh SKPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Kuningan. Oleh karena itu Wabup meminta, seluruh SKPD dapat bekerjasama dalam pelaksanaannya, sehingga penyusunan rencana induk SPBE tersebut dipastikan dapat mendukung visi misi pemerintah daerah.

"Tujuan dari penyusunan rencana induk SPBE ini adalah untuk memberikan arah SPBE yang terpadu dan berkesinambungan dilingkungan Pemerintah Kabupaten Kuningan. Sehingga dapat memperbaiki kualitas pelayanan pemerintah kepada masyarakat dan pelaku usaha. Namun untuk mewujudkan itu, perlu ditunjang jaringan internet yang memadai kesetiap pelosok diwilayah Kabupaten Kuningan," pungkasnya.

Sementara, Plt. Kadis Kominfo Kabupaten Kuningan, Drs. H. Dadi Hariadi, M.Si, dalam laporannya menyampaikan, bahwa penyusunan rencana induk SPBE bertujuan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya. Selain itu, sambungnya, juga untuk meningkatkan keterpaduan dan efisiensi dalam penyelenggaraan pemerintahan dengan memanfaatkan TIK.

"Dalam pelaksanaan pengembangan SPBE, Diskominfo Kabupaten Kuningan pada kesempatan ini juga akan melakukan kesepakatan bersama (Mou) dengan Universitas Telkom Bandung dan Direktorat Kerjasama dan Kantor Urusan Internasional Universitas Telkom dalam pengadaan swakelola kajian rencana induk SPBE Pemerintah Kabupaten Kuningan," terangnya. (Bid/IKP/Diskominfo)