Wabup Hadiri Musda IX MUI Kab. Kuningan

Kategori: 

CIGUGUR, - Majelis Ulama Indonesia Kab. Kuningan menggelar Musda IX Tahun 2020 " Meneguhkan peran Majelis Ulama Indonesia dalam Merajut Ukhuwah dan Memperkuat Islam Wasathiyah", Sabtu (15/02/2029) bertempat di Aula Hotel Purnama Kuningan. Hadir dalam acara Wakil Bupati Kuningan H. M Ridho Suganda, SH., M. Si, Ketua MUI Provinsi Jawa Barat Prof. Dr. KH Rahmat Safei, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kab. Kuningan, Ketua dan Kepengurusan MUI Kab.Kuningan, Ormas Islam se- Kab.Kuningan (NU, Muhammadiyah, PUI), Panitia Musda IX MUI Kab.Kuningan dan undangan lainnya.

Ketua MUI Provinsi Jawa Barat, Prof. Dr. KH Rahmat Safei mengatakan, Musda adalah Forum tertinggi di tingkat Kabupaten, forum ini memiliki makna sangat penting, yakni sebagai mitra berjuang untuk menciptakan kenyamanan, kondusifitas beragama. Sehingga manisnya iman di rasakan semua umat, kami mengharapkan sangat besar tentang peran MUI untuk menentukan jalan nya program apa yang bisa di laksanakan untuk meningkatkan ukhuwah. Dalam Musda IX MUI Kuningan ini adalah salah satu bentuk dalam memberikan pelayanan terhadap umat oleh Ulama.

Ulama adalah perekat, penguat dalam menyatukan kekuatan Agama dari ajaran-ajaran yang bisa menyimpang dan menyesatkan umat . "MUI adalah salah satu mitra Pemerintah dan kita harus bisa singkron dengan Pemerintah dalam upaya mewujudkan agama Islam yang baik, saling toleransi, bisa menjaga hubungan baik dengan sesama umat, seperti yang sedang kita jalani yaitu Islam Wasatiyah dalam moderisasi agama. Dalam menyikapi penafsiran terhadap agama karena islam Wasatiyah ini bukan merubah ajaran Agama Islam akan tetapi memoderisasikan ajaran agama islam yang telah ada sejak jaman Nabi Muhammad SAW," ucap Rahmat.

Tiga peran utama MUI yang harus dilksanakan demi umat, peran yang pertama yaitu MUI sebagai pelayan umat, karena itu program-program MUI harus menjawab masalah yang dihadapi umat. Kedua, MUI sebagai penuntun umat, yaitu MUI harus berperan mengarahkan dan menuntun umat dalam pelayanannya. "Misalkan mengarahkan umat untuk bagaimana mengkonsumsi makanan yang halal, serta memperoleh harta yang halal." Kemudian MUI juga harus menjaga akidah umat, yaitu merawat akidah agar tidak terpengaruh dengan faham dan aliran intoleransi atau radikal."Hal ini agar terjalin hubungan antarsesama manusia yang baik, serta antarumat beragama," tegasnya

Masih dalam acara yang sama Wakil Bupati Kuningan dalam sambutannya mengatakan Musda bagi suatu organisasi merupakan hal yang sangat penting dilaksanakan, diantaranya untuk menentukan susunan kepengurusan dan langkah serta program kerja strategis lembaga/organisasi dalam menjalankan dan memajukan roda organisasi. Untuk itu pada kesempatan ini, saya atas nama pribadi dan pemerintah Kab. Kuningan menyambut baik dan apresiasi yang setinggi tingginya kepada MUI Kab. Kuningan atas terselenggaranya musda ke IX MUI Kab.Kuningan ini.

Diharapkan Musda MUI kali ini menjadi ajang wahana refleksi diri, sekaligus evaluasi terhadap reaksasi program yang telah disepakati dan penanganan permasalahan yang muncul. Lebih lanjut Wabup menuturkan di mohon kepada kyiai, para ajengan utk bisa mewujudkan Kuningan yang agamis, "saya mengharapkan bentuk komunikasi yang terjalin dengan para ulama, berharap para ulama memberikan masukan-masukanya kepada saya, kemudian juga musuh utama kita di Kuningan adalah kemiskinan dan pengangguran, semoga dengan terjalinya kerjasama ulama dengan pemerintah dapat menghasilkan output yang lebih baik lagi" Ucap Wabup.

Tidak bisa kita pungkiri di Indonesia, era digital sudah masuk ke dunia kita, dunia digital, dunia internet, kita harus mempunyai sebuah sistem pembelajaran atau program yang masa kini, yang bisa di aplikasikan dengan jaman ini. Wabup berharap para santriwan dan santriwati di ponpes bisa mengikuti dan memanfaatkan teknologi untuk kemajuan para santri semua, gunakanlah teknologi yang ada saat ini untuk membuat santri lebih hebat lagi. Semoga musda ini ini menjadi ajang evaluasi, silaturahmi, menghasilkan program-program kerja yang selaras dengan visi misi Kab. Kuningan. Wabup yakin MUI bisa menjadi mitra kerja pemerintah Kuningan dalam memajukan Kuningan. (Bid IKP/DISKOMINFO)