Wabup Ingatkan Masyarakat Terapkan 3M

Kategori: 

CILIMUS,- Semakin bertambahnya angka positif Covid-19 di Kabupaten Kuningan, Wakil Bupati Kuningan, H. M Ridho Suganda, SH., M.Si terus mengingatkan masyarakat untuk tetap patuh menjalankan protokol kesehatan, terutama dengan melakukan 3M dalam kehidupan sehari-hari. 3M dimaksud ialah, Memakai masker saat beraktivitas di luar rumah, Mencuci tangan setiap saat, dan Menjaga jarak atau menghindari kerumunan.

“Yang positif Covid-19 di Kabupaten Kuningan sekarang ini cukup banyak. Itu karena mengabaikan protokol kesehatan. Saya ingatkan kepada semua masyarakat jangan anggap remeh Covid-19, virus ini ada dan nyata. Jadi tolong, patuhi protokol kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah, jalankan 3M, Memakai masker, Mencucui tangan, dan Menjaga jarak. 3 hal itulah yang dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” tutur Wabup, saat melaksanakan agenda rutin Salat Jumat Keliling (Jumling) di Masjid Jami Al-Ikhlas Desa Caracas, Kecamatan Cilimus, Jumat (25/9/2020).

Menurut Wabup, meski berbagai aturan telah dikeluarkan Pemkab Kuningan dan gencarnya sosialisasi yang dilakukan tidak akan berhasil dalam menanggulangi Covid-19 bila tidak ada kesadaran dari masyarakatnya sendiri. “Mau itu, Perda, Surat Keputusan, Surat Edaran, Sosialisasi, tetap tidak akan berhasil tanpa adanya kesadaran dari masyarakatnya sendiri,” tandasnya.

Dihadapan jemaah Salat Jumat, lebih lanjut Wabup menyampaikan, selain kesadaran masyarakat untuk secara disiplin menerapkan protokol kesehatan, dalam mencegah penyebaran Covid-19 masyarakat juga harus ikut aktif membantu pemerintah dalam penanggulangan Covid-19 dengan saling mengingatkan antara satu sama lainnya.

“Kita semua tahu dan telah merasakan dampak Covid-19. Selain buruk bagi kesehatan, Covid-19 ini juga sudah memporak porandakan perekonomian, ini yang paling berbahya. Perusahaan banyak yang gulung tikar, banyak PHK, UMKM banyak yang tidak berproduksi, ini menjadi persoalan baru bagi pemerintah dan masyarakat. Untuk itu, mari kita bersama-sama lawan virus ini, kuncinya jalankan protokol kesehatan,” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, Wabup juga mengajak masyarakat untuk terus berdo’a memohon pertolongan Allah SWT, agar segera terbebas dari ancaman Covid-19. “Sebagai umat beragama, mari kita terus berdo’a meminta peertolongan dari Allah SWT, agar bangsa kita dan bangsa-bangsa diseluruh dunia segera terbebas dari Covid-19,” pungkasnya. (Bid/IKP/Diskominfo)