Wabup Kuningan : Karang Taruna Harapan dan Masa Depan Bangsa

Kategori: 

DARMA,- Karang Taruna adalah organisasi kepemudaan di Indonesia yang merupakan organisasi terbesar di dunia. Sebagai wadah pengembangan generasi muda nonpartisan, keberadaan Karang Taruna dimaksudkan sebagai wadah untuk menampung aspirasi masyarakat, khususnya generasi muda dalam rangka mewujudkan rasa kesadaran dan kepedulian sosial terhadap masyarakat pada umumnya. Tujuannya tidak lain adalah terwujudnya kesejahteraan sosial yang semakin meningkat bagi generasi muda.

Hal itu disampaiakan Wakil Bupati Kuningan, H.M Ridho Suganda, SH., M.Si saat bersilaturahmi dengan Karang Taruna Harapan Kawahmanuk, Desa Kawahmanuk, Kecamatan Darma, Jumat (13/03/2020) siang, bertempat di Balai Desa setempat. Hadir dalam kesempatan tersebut, Camat Darma Eko Yuyud Mahaendra, S.AP., M.Si, Kades Kawahmanuk Jeje Sudrajat, Ketua Karang Taruna Harapan Kawahmanuk Angga, PKK desa setempat dan seluruh perangkat desa.

"Karang Taruna adalah organisasi yang bergerak di bidang sosial. Karang Taruna harus mampu menyelesaikan berbagai permasalahan sosial bersama pemerintah, baik ditingkat desa, kecamatan dan tingkatan berikutnya. Untuk itu, maka Karang Taruna harus dekat dan bersinergi dengan pemerintah," tuturnya.

Sebagai organisasi pemerintah, dikatakan Wabup, Karang Taruna memilki tugas menjabarkan program-program pemerintah kepada masyarakat. Selain itu Karang Taruna juga, sambungnya, harus bisa menyerap berbagai program pemerintah, mulai dari pemerintahan desa, SKPD dan lembaga pemerintah lainnya.

"Karang Taruna itu tidak boleh cari untung, tapi boleh melakukan kegiatan usaha yang keuntungannya untuk kegiatan sosial membantu kesejahteraan masyarakat. Karang Taruna harus berinovasi dengan menyerap berbagai program pemerintah, apakah itu pemerintah desa, skpd, serap programnya dan jalankan program itu oleh Karang Taruna," imbuhnya

Terkait dengan program Karang Taruna Harapan Kawahmanuk yang tengah berjalan seperti, Program Minggu Mangfaat dan Program Karang Taruna Melayani, Wakil Bupati mengapresiasi dan meminta Karang Taruna Kawahmanuk untuk terus mengembangkan program tersebut, sehingga memilki manfaat bagi masyarakat.

"Karang Taruna itu harapan dan masa depan bangsa. Kalau Karang Tarunanya hebat dan mandiri, Insya Allah desanya juga maju dan negara ini pasti akan maju. Inovasi dari pemuda ini ditunggu masyarakat. Oleh karena itu, untuk Karang Taruna jangan pernah menunggu kesempatan, tapi rebut kesempatan itu, karena kesempatan akan datang jika kita menciptakan peluang," tandasnya. (yudi/Bid IKP/Diskominfo)