Wabup Mengatakan Wirausaha Dan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Upaya Menurunkan Angka Pengangguran

Kategori: 

PASAWAHAN-Wakil Bupati Kuningan, H.M Ridho Suganda, SH., M.Si menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan Tingkat Kecamatan Pasawahan, rabu (29/01/2020) bertempat di Aula kecamatan setempat. Selain Wabup, Musrenbang juga dihadiri sejumlah Anggota DPRD Kab.Kuningan Dapil II, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Pasawahan, Tim Monitoring dari Kabupaten, para Kepala UPT/UPTD, Kepala Desa, Ketua TP PKK Kecamatan dan Desa se-Kecamatan Pasawahan serta sejumlah undangan.

Dalam Musrenbang tersebut, Camat Pasawahan Cece Hendra Krissianto, S.STP. M.Si. mengatakan, semoga di era kepemimpinanya, bisa memberikan warna baru dan semoga bisa membawa ke arah lebih maju dan lebih baik lagi, serta berharap di 2020 ini seluruh desa bisa mendapatkan program kegiatan pembangunan yang menghasilkan kebijakan - kebijakan strategis di kec.Pasawahan

Sementara, Wabup H.M Ridho Suganda, SH., M.Si, dalam sambutanya sambutan mengatakan, ada beberapa isu strategis yang perlu mendapat perhatian dalam menyusun program kegiatan yaitu: Pelatihan wirausaha dan usaha mikro kecil dan menengah dalam upaya menurunkan angka pengangguran. Peningkatan ekonomi sektor perdagangan dan industri berbasis produk unggulan. Pengembangan Desa Wisata dan Wisata Desa.

Integrasi sistem aplikasi online untuk peningkatan layanan publik. Pembangunan/peningkatan/rehabilitasi jalan, jembatan dan jaringan irigasi. Peningkatan produktivitas Pertanian. Pembangunan Jaring Pengaman Sosial (Pangan, Kesehatan, Pendidikan) dalam upaya mengurangi angka kemiskinan.

Penyediaan Sarana Prasarana kesehatan dan penanganan gizi dan peningkatan sarana parasarana pendidikan Masih menurutnya 9 point tersebut, sangat penting demi kemajuan desa, kepada kades pasawahan mengharapkan untuk bisa menciptakan lapangan pekerjaan seluas luasnya dengan berbagai macam industri sesuai zonasi- zonasi nya. Contoh pasawahan buat industri argowisata misalnya, dengan kekayaan pertanian dan wisata yang ada di kab.kuningan ini, kita harus tingkatkan kualitas bumdesnya juga, Wabup juga berpesan, untuk para kades agar bisa memunculkan inovasi-inovasi. Apa yang belum ada di desa kita, kita ciptakan, para kades harus rajin berkomuniksi dengan camat setempat.

Selain itu, Wabup menginginkan bantuan para kades, dalam memberikan data data paling valid ke pemerintah, dari data kemiskinan dll. Kemudian para kades di harapkan harus kompak dan semangat selalu dalam memajukan desa nya, Wabup juga menyoroti kejadian yang sedang viral saat ini, yaitu virus corrona, karena menurut info dari media ,ada yang tersuspect virus corrona di cirebon, kepada para kades khususnya kades pasawahan untuk mencari tahu segalanya tentang virus corrona tersebut, dari mulai penyebaranya, ciri ciri nya dll, agar kita bisa melakukan langkah preventif dan kita bisa mencegah nya sebelum terlambat. Setelah membuka kegiatan musrenbang Wabup melanjutkan kegiatan untuk meninjau lokasi longsor di desa Padabeunghar blok Cirendang, Dusun Margamukti yang terjadi di 2 titik yakni di RT.12,RW,5 dan RT 11. RW.05. Wabup Mengatakan Wirausaha Dan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Upaya Menurunkan Angka Pengangguran ( Bid IKP/DISKOMINFO)