Wabup : Pelestarian Alam Menyangkut Masa Depan Anak-Cucu

Kategori: 

JALAKSANA,- Wakil Bupati Kuningan, H. M Ridho Suganda, SH., M.Si mengingatkan, bahwa urusan pelestarian alam bukanlah masalah kecil karena menyangkut masa depan anak dan cucu.

"Sebenarnya saat kita menanam pohon itu sedang menanam doa, menanam harapan, menanam kerja kita semuanya untuk keberlanjutan hidup generasi yang akan datang," kata Wakil Bupati saat menghadiri (GTPP) yang dilaksanakan Cabang Dinas Kehutanan Wilayah VIII Jawa Barat, di Desa Padamenak, Kecamatan Jalaksana, Jumat (20/11/2020).

Wabup mengatakan jika alam tidak dirawat dan tidak diperhatikan keberlanjutannya maka mengakibatkan bencana, seperti banjir, longsor di berbagai daerah. "Kita semua sudah melihat sendiri apa akibatnya bila tidak merawat alam, main asap, tebang pohon, akhirnya hujan sedikit saja bencana seperti banjir dan longsor akan terjadi dibeberapa wilayah rawan bencana di Kabupaten Kuningan, yang akhirnya menyusahkan kita, menyususahkan rakyat," ungkapnya.

Wabup juga mengapresiasi besarnya partisipasi masyarakat dari berbagai kelompok organisasi dan berbagai macam latar belakang, khususnya organisasi yang berbasis peduli lingkungan di Kabupaten Kuningan yang hadir mengikuti kegiatan Gerakan Tanam dan Pelihara Pohon (GTPP).

“Saya menyampaikan apresiasi kepada masyarakat yang hadir, ternyata minat masyarakat untuk menanam pohon saat ini sangat tinggi. Hal ini merupakan nilai yang sangat positif dan diharapkan dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan,” imbuhnya.

Selanjutnya Wabup juga mengingatkan, bahwa pada tanggal 28 November mendatang, bangsa Indonesia akan memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI). Momentum tersebut diharapkannya mampu menggalang partisipasi seluruh rakyat Indonesia, Khususnya Masyarakat Kabupaten Kuningan untuk menanam dan memelihara pohon.

“Pada Tanggal 28 Nopember, kita juga akan memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia. Mudah-mudahan bisa bekerja sama dengan seluruh masyarakat khususnya pemuda, karena kalau bukan kita siapa lagi yang akan peduli terhadap lingkungan. Insya Allah Kabupaten Kuningan bisa kembali ASRI (Aman, Sehat, Rindang, Indah) lagi, dan juga hijau kembali,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Wabup didampingi Camat Jalaksana, Toni Kusumanto, Kepala Cabang Dinas Kehutanan Wilayah VIII Jawa Barat, Ahmad Subagja, Kades Padamenak, Ibrahim, secara simbolis melakukan penanaman pohon di area tanam disaksikan seluruh undangan. (Bid/IKP/Diskominfo)