Wabup : Penderita HIV/AIDS Juga Manusia, Jangan Dikucilkan

KUNINGAN,- Penderita HIV/AIDS juga adalah manusia, yang punya cinta, kasih, keluarga, cita-cita dan masa depan, sehingga masyarakat disekelilingnya harus menempatkannya sebagai sahabat atau keluarga dan jangan dikucilkan. Demikian disampaikan Wakil Bupati Kuningan, H. M Ridho Suganda, SH., M.Si, dalam kegiatan Pemberian Sembako Kepada Kelompok Dukungan Sebaya (KDS) Edelweis Dalam Rangka Peringatan Hari AIDS Sedunia tingkat Kabupaten Kuningan, Selasa (1/12/2020) di Aula Wisma Permata Kuningan.

“Hari ini seluruh dunia memperingati hari AIDS sebagai upaya untuk meningkatkan kita semua bahwa betapa HIV AIDS menjadi hal yang sangat menakutkan. Data menunjukan telah terjadi perubahan proporsi kasus bau HIV dan AIDS dalam kurun waktu tujuh tahun terakhir ini. Semula di dominasi oleh pengguna nrkoba suntik sekarang peningkatan kasus terjadi di heteroseksual,” tuturnya.

Disampaikan Wabup, berdasarkan data dari Dinas Kesehatan, kasus HIV/AIDS cenderung mengalmi peningkatan dari tahun ke tahun. Temuan kasus dari tahun 2013 sampai dngan tahun 2020 sebanyak 473 kasus.

“Visi Agamis harus menjadi spirit semua pihak, untuk berprilaku sesuai dengan norma-norma hukum, baik hukum agama maupun hukum negara. Dan sudah saatnya generasi selanjutnya harus lebih baik dan bisa meningkatkan ketahanan diri melalui iman dan taqwa, karena penularan HIV terjadi akibat perilaku beresiko seperti hubungan seksual dan narkoba suntik,” paparnya.

Selanjutnya Wabup meminta, momentum hari AIDS sedunia dapat dijadikan sebagai wahana untuk menumbuhkan kepedulian terhadap penderita HIV/AIDS atau yang disebut ODHA, baik dengan memberikan dukungan dalam lingkungan sosial maupun dukungan secara material.

"Pemerintah tetap menunjukan kepedulian serius terhadap penyakit ini, sebagai manusia mari menempatkan penderita sebagai warga yang memiliki hak untuk hidup dan hak untuk bermasyarakat," punkasnya.

Selanjutnya, Wakil Bupati, didampingi Kepala Bagian Kesra Setda Kabupaten Kuningan, H. Nunung Nurjati, S.Pd., M.Si, secara simbolis memberikan bantuan sembako kepada sejumlah penerima.

Hadir pula dalam kegiatan tersebut, perwakilan TP PKK Kab.Kuningan, perwakilan Dharma Wanita Persatuan, Perwakilan dari Polres Kuningan, Ketua MUI, Pengurus KPA Kab.Kuningan, Pengurus KDS Edelweis Kab.Kuningan, serta sejumlah undangan lainnya. (Bid/IKP/Diskominfo)