Wabup Terima Tim Verifikasi Lapangan Penilaian Lomba Karang Taruna Teladan Provinsi Jawa Barat

Kategori: 

Wakil Bupati Kuningan M. Ridho Suganda, SH., M.Si menerima Tim Verifikasi Lapangan Penilaian Lomba Karang Taruna Teladan Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2019 Tahap ke 2. yang bertempat di Halaman Kantor Desa Tangkolo Kecamatan Subang. Jum'at (12/7/2019). Sebelumnya Karang Taruna Genta Sabanusa Desa Tangkolo telah melaksanakan presentasi di Bandung pada ajang Lomba karang Taruna se-Jawa Barat tersebut. 

Menurut Ketua Karang Taruna Genta Sabanusa Desa Tangkolo Didin Rohidin menyampaikan bahwa dengan kondisi geografis Desa Tangkolo yang berada di ujung Kabupaten Kuningan dan perbatasan wilayah kabupaten, tapi dapat membuktikan bahwa Desa Tangkolo tingkat partisipasi masyarakat masih yang terbaik di Kabupaten Kuningan. 

"Keberadaan organisasi kepemudaan di desa merupakan peran untuk membangun desa dengan melihat potensi yang ada di desa untuk dikembangkan sebagai mitra ekonomi produktif. terdapat program unggulan Karang Taruna Desa Tangkolo diantaranya ialah Forum Silaturahmi Remaja Masjid Al-Huda yang bertujuan untuk membentuk pemuda yang berahlak yang sesuai dengan visi Kuningan Agamis," ujar Didin.

Semenetara itu Ketua Tim Penilai Muhammad Satria S.Sos, M.Si, mengapresiasi pada Karang Taruna Desa Tangkolo Genta Sabanusa yang sangat luar biasa semangat kepemudaanya. Ia menyampaikan semoga apa yang disampaikan dalam presentasi oleh Karang Taruna Genta Sabanusa di Bandung sesuai dan menjadi unggulan untuk menjadi karang taruna terbaik se-Jawa Barat.

Menurutnya tim penilai Lomba Karang Taruna Teladan Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2019 ini terdiri dari berbagi unsur diantaranya akademisi, organisasi kelembagaan dan pengusaha. "Tujuan dilaksanakannya lomba karang taruna ini, bagaimana untuk menjaga kesinambungan konsistensi dalam membangun potensi masyarakat dan membangun kaderisasi yang terbaik, serta membangun motivasi pada karang taruna tidak hanya untuk menjadi juara, akan tetapi bagaimana menjaga upaya memberdayakan masyarakat yang di motori oleh karang taruna," ucapnya.

Dalam sambutannya Wabup menerangkan bahwa karang taruna adalah sebuah wadah kempemudaan untuk menuntaskan kesenjangan sosial di suatu wilayah. Dan saya turut bangga serta mengapresiasi Karang Taruna Genta Sabanusa dapat mewakili Kabupaten Kuningan pada Lomba Karang Taruna Teladan Tingkat Provinsi Jawa Barat.

"Dimana Desa Tangkolo adalah jendela bagi Kabupaten Kuningan yang letaknya dekat dengan perbatasan Kabupaten Ciamis, ini adalah sebagai komitmen bagaimana Karang Taruna dapat memberikan dampak positif bagi sekitarnya. Kita harus memiliki sebuah semangat dan optimisme dalam memberikan perubahan. Dan saat ini adalah bukti apabila anak muda diberikan kesempatan akan memberikan kontribusi baik bagi sekitarnya. Saya harap dukungan masyarakat untuk kita tingkatkan keberdayaan pemuda dalam membangun desa demi mewujudkan Kuningan MAJU (Ma'mur, Agamis, Berbasis Desa Tahun 2023)".