Wakil Bupati Buka Pelatihan Perkoperasian

Kategori: 

Sebanyak 60 peserta mengikuti Pelatihan Perkoperasian  di lingkungan pendidikan formal dan kalangan kelompok strategis  yang dilaksanakan di Hotel  Grage Sangkan pada Selasa 14 - 16  Pebruari 2012. Acara yang dibuka  oleh Wakil Bupati Kuningan, H. Momon Rochmana, MM tersebut dihadiri oleh perwakilan dari Deputi Bidang SDM Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah RI, Suparno, S.E, MM., Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Kuningan, Drs. Uca Sumantri, M.Si, nara sumber dan para peserta pelatihan.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Kuningan, Drs. Uca Sumantri, M.Si selaku Ketua Panitia menunturkan bahwa peserta yang berjumlah 60 tersebut dibagi kedalam 2 kelas, dimana masing-masing kelas berjumlah 30 orang yakni kelas kelompok strategis dan kelompok pendikikan formal. “ Untuk peserta terdiri dari 1 orang perwakilan dari pengurus atau pengelola koperasi  dan 1 orang  dari perwakilan Koperasi Siswa (Kopsis) tingkat SLTA di Kabupaten Kuningan sedangkan untuk materi pelatihan yang akan disampaikan yaitu aspek legal koperasi sebagai lembaga kegiatan ekonomi, jatidiri koperasi dan manajemen koperasi, kewirausahaan koperasi, motivasi berkoperasi dan sukses story koperasi di negara maju, koperasi simpan pinjam, membaca laporan keuangan koperasi dan mengenal keuangan serta permodalan koperasi, partisipasi anggota dalam usaha koperasi dan organisasi koperasi, kebijakan pemberdayaan koperasi, partisipasi anggota dalam usaha koperasi dalam dan anggota koperasi, pembentukan pendirian koperasi dan mekanisme para anggota koperasi,” tambah Drs. Uca Sumantri, M.Si.
Sementara itu perwakilan dari Deputi Bidang SDM Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI, Suparno, S.E, MM mengungkapkan bahwa tujuan dari diadakan pelatihan tersebut adalah peningkatan kualitas  SDM. “ Untuk meningkatkan dan pengaktifan koperasi disekolah  maka Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah RI telah bekerjasama dengan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan R.I,” jelas Suparno, S.E, MM.
H. Momon Rochmana  dalam sambutannya mengungkapkan rasa terima kasihnya atas Kepercayaan Kementrian Koperasi dan UKM R.I yang telah menetapkan Kabupaten Kuningan sebagai salah satu sasaran dalam pelaksanaan pendidikan dan pelatihan perkoperasian di Indonesia. ” Jumlah koperasi di Kabupaten Kuningan pada saat ini telah mencapai 523 koperasi, yang terbilang aktif kurang lebih 78 persen, dalam perjalanannya kualitas koperasi sangat menggembirakan hal ini terbukti dengan dicanangkannya dan diresmikannya Kecamatan Koperasi oleh Bupati Kuningan sejak tahun 2007 yaitu Kecamatan Cibingbin, Cigugur dan Luragung, dan pada tahun 2009 Bupati Kuningan mendapat Anugerah Penghargaan Bhakti Koperasi dan pada tahun 2010 Bupati Kuningan mendapat penghargaan Paramadhana Madya Koperasi sebagai penggerak koperasi dari Kementrian Koperasi dan UKM R.I dimana Kabupaten Kuningan merupakan satu-satunya Kabupaten di Jawa Barat yang meraih penghargaan tersebut,” tambah Wabup. ( Sumber : Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan ).