Wakil Bupati Kuningan Kunjungi UMKM Terdampak Covid-19

Kategori: 

CIAWIGEBANG,- Wabah Covid-19 membuat sektor ekonomi dan dunia usaha begitu terpukul. Banyak pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) kelimpungan menghadapi bisnisnya yang terhambat bahkan mungkin tidak bakal selamat.

Begitu juga di Kabupaten Kuningan, para pelaku UMKM kini tengah merasakan dampak dari wabah Covid-19, mulai dari berkurangnya produksi, pengurangan jumlah karyawan, hingga yang terparah adalah berhentinya produksi yang sudah tentu berimbas pula dengan peningkatan jumlah pengangguran. Dari sekian banyak para pelaku UMKM, salah satu yang merasakan dampak Covid-19 adalah UMKM yang beregerak di industri makanan ringan.

Hal itu terungkap saat Wakil Bupati Kuningan, H. M Ridho Suganda, SH., M.Si melakukan kunjungan langsung kepada para pelaku usaha yang memproduksi ketempling dan gemblong (red_olahan makanan kering dari singkong) di desa Karangkamulyan, Kecamatan Ciawigebang, Rabu (3/6/2020).

Didampingi Camat beserta jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Ciawigebang, Kabid Perindustrian Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian Kab.Kuningan dan Kepala Desa setempat, Wakil Bupati mengunjungi UMKM ‘Moro Raos’ yang masih melakukan kegiatan produksi ketemling dan gemblong singkong.

Dalam kesempatan tersebut, pemilik UMKM “Moro Raos’, Atang, dihadapan Wakil Bupati mengungkapkan, dengan adanya Covid-19 sangat berdampak pada usahanya. Dikatakannya, ada 15 UMKM di Desa Karangkamulyan yang bergerak dalam industri yang sama, namun saat ini hanya usahanya yang masih bertahan meski dengan penurunan angka produksi yang tajam.

“Semuanya ada 15 UMKM Pak, tapi yang lainnya sudah tidak produksi, hanya UMKM saya saja yang produksi, itu juga hanya 25 persen produksinya sangat sedikit karena pesanan menurun sejak adanya Corona mulai bulan Maret lalu,” tutur Atang.

Kepada Wakil Bupati Atang meminta, Pemkab Kuningan untuk mencarikan solusi bagi para pelaku usaha UMKM yang saat ini kondisinya sedang terpuruk.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Bupati Kuningan, H. M Ridho Suganda mengatakan, pihaknya bersedia membantu mencarikan jalan keluar bagi para pelaku UMKM. Disampaikan Wabup, Pemkab Kuningan tidak akan tinggal diam dan akan mendorong para pelaku usaha agar bisa bertahan dan melanjutkan usahanya ditengah dan pasca pandemi Covid-19.

“Selain kesehatan, dampak dari Covid-19 ini yang paling dikhawatirkan adalah kemerosotan ekonomi. Untuk itu Pemkab Kuningan akan menyiapkan program untuk pemulihan ekonomi bagi para pelaku usaha. Dan UMKM adalah solusi dari permasalahan ekonomi. Oleh karenanya, UMKM harus kita bantu dan kita dorong agar tetap bertahan dan harus tetap optimis,” imbuhnya. (Bid IKP/Diskominfo)