Indonesian English

Ziarah ke Makam Leluhur Menjelang Peringatan Hari Jadi Kuningan

Seperti tahun-tahun sebelumnya, menjelang peringatan ke-519 Hari Jadi Kuningan tahun ini seluruh pejabat di lingkungan Pemerintah daerah Kabupaten melakukan ziarah ke makam leluhur Kuningan termasuk makam Bupati Kuningan terdahulu. Ziarah diawali ke Makam Gede, Ramajaksa, Eyang Weri dan Bupati Kuningan terdahulu, dipimpin Bupati Kuningan H. Acep Purnama SH. MH bersama unsur Forum Kooordinasi Pimpinan Daerah Kuningan, Ketua MUI, Ketua Tim Penggerak PKK dan unsure organisasi lainnya, Senin (28/8/2017).

Selain itu, ziarah ke Makam Gede Pangeran Arya Kamuning, Raden Saleh Albasah yang pernah menjabat Bupati Kuningan, Syekh Maulana Akabar. Dilanjutakan ke Kel. Winduherang Pangeran Ramajaksa sekalian ke Makam Makam Madrochim yang pernah menjabat Sekda yang di makamkan di Winduherang pula. Kemudian ke Cikaso ke Makam Bupati Subandi, dilanjutkan ke Makam umum Winduhaji yakni ziarah ke Bupati sebelumnya yakni Hj. Utje Ch Suganda, lanjut ke Makam Bupati Arifin yang di makamkan di Luragung terakhir ke Ciwaru Bupati Aruman.

Bupati Kuningan H. Acep Purnama mengatakan, selaku penerus cita-cita para leluhur senantiasa memberikan penghormatan. Dengan cara menghargai para leluhur bisa menjadi contoh untuk kita.

“Adanya kita karena adanya mereka, adanya pemerintahan karena adanya pemerintahan sebelumnya. Jadi sepantasnya kita sebegai generasi penerusnya untuk senantiasa mendoakanya dan menteladani jasa-jasa kebaikannya,” tutur Bupati Acep. . Ia menambahkan, mereka adalah orang tua kita, disinilah kita belajar agar bertingkah laku sopan santun kepada orangtua. Dan bisa menjadi pembelajaran buat siapapun untuk bisa memiliki rasa hormat, sehingga bisa dijadikan contoh untuk masyarakat Kuningan agar terus memberikan semangat baru dalam menjalankan kehidupan.

Ketua MUI Kabupaten Kuningan, K.H. Azis Ambar Nawawi, Lc, yang berkenan memimpin doa, memanjatkan doa semoga para sesepuh Mulia di sisi Allah karena bagitu banyak kebaikan yang mereka tebarkan. “Hal ini dapat menumbuhkan bagi kita untuk lebih memanfaatkan sisa hidup ini. Dengan memperbanyak amal sebagai bekal kita nanti,” kata Ketua MUI, KH. Azis. (Suhendra/Pubdok-Bag. Humas Setda)