15 Kepala Keluarga Transmigrasi Ke Bengkulu

Kategori: 

Sebanyak 15 Kepala Keluarga dengan 52 jiwa yang berasal dari Kabupaten Kuningan diberangkatkan ke UPT Dataran, Kecamatan Maje Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu oleh Pemerintah Kabupaten Kuningan, pemberangkatan tersebut merupakan program penyelenggaraan transmigrasi antar daerah. Pelepasan para transmigran yang berasal dari Kabupaten Kuningan tersebut dilepas oleh Wakil Bupati Kuningan, H. Acep Purnama pada hari Selasa (10/12) di Wisma Permata Kuningan. Hadir pula anggota DRPD Kab. Kuningan Ketua Komisi D, Drs H. Ending Suwandi, MM Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja, Drs. H. Dadang Supardan, M.Si dan Para Kepala SKPD serta para peserta program transmigrasi.

Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja, Drs. H. Dadang Supardan, M.Si mengungkapkan bahwa tujuan dari transmigrasi tersebut diantaranya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan transmigran, pemerataan pembangunan. “ Selain memberangkatkan, Pemerintah Kabupaten Kuningan juga telah memberikan bekal kepada setiap kepala keluarga berupa bibit tanaman palawija, alat pertanian, alat rumah tangga, pakaian dan uang saku sedangkan alasan dipilihnya UPT ke Dataran Kec. Maje Kab. Kaur Propinsi Bengkulu oleh karena daerah tersebut sesuai dengan kultur masyarakat Kabupaten Kuningan yang agraris maka dilanjutkan dengan kerjasama antar daerah bidang ketransmigrasian yang dituangkan dalam perjanjian KSAD yang ditandatangani oleh masing-masing kepala daerah,” kata H. Dadang.
Para transmigran dari Kabupaten Kuningan juga telah mengikuti pelatihan dasar umum yang dilaksanakan di Balantrans Bandung selama 8 hari dan pembekalan ketransmigrasian yang dilaksanakan oleh Dinsosnaker Kabupaten Kuningan selain itu juga sebelum pemberangkatan seluruh keluarga transmigrasi transit di Wisma Permata selama 2 hari untuk seleksi akhir yaitu pemeriksaan kesehatan, pemotoan seluruh keluarga dan melengkapi administarsi ketransmigrasian.
Wakil Bupati Kuningan, H. Acep Purnama dalam sambutanya menuturkan bahwa arah kebijakan ketransmigrasian Kabupaten Kuningan adalah pemberian peluang kepada penduduk yang memiliki keterbatasan dalam memperoleh dan atau kesempatan kerja secara proposional dan berkelanjutan. ” Saya berpesan nantinya Bapak-bapak dan Ibu-ibu dapat menjaga nama baik daerah asal yaitu Kabupaten Kuningan, selain itu juga karena Bapak-bapak dan Ibu-ibu nantinya jadi warga pendatang maka kita harus pandai-pandai beradaptasi dengan penduduk sekitar sehingga bisa diterima dengan baik, dan yang terpenting jangan pernah mudah menyerah harus giat dalam berusaha agar nantinya bisa berhasil ditempat yang baru,” ujar Wabup. ( Sumber : Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan ).

Share