204 Pengurus Karang Taruna Ikuti Pelatihan

Kategori: 

Sebanyak 204 orang pengurus Karang Taruna kecamatan, kelurahan, dan desa, Rabu (02/03/2016) di Wisma Permata, mendapatkan pelatihan peningkatan kapasitas dari Pemerintah Kabupaten Kuningan. Hadir Sekretaris Daerah, Drs. Yosep Setiwan, M.Si dan Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja, Drs. Dadan Supardan, M.Si. Ketua Panitia, Drs. Toto Toharudin, M.Pd mengatakan, kegiatan ini merupakan kelanjutan dari program peningkatan kapasitas pengurus Karang Taruna kecamatan, kelurahan, dan desa. Kegiatan ini diharapkan mampu menambah wawasan serta pengetahuan pemuda dalam memberikan kontribusi terhadap pembangunan terutama di pedesaan.
 

“ Pelatihan ini diharapkan dapat menjadi bekal bagi para pengurus karang taruna untuk melakukan aktivitas di daerahnya masing-masing.”
 

Kabupaten Kuningan, Lanjut Ia, merupakan kabupaten penyangga Provinsi Jawa Barat sebagai provinsi inklusif dengan begitu program-program yang diluncurkan provinsi seperti wisata religi yang tujuannya ke Kabupaten Kuningan. Dengan begitu Pemerintah Kabupaten Kuningan terutama para pengurus karang taruna harus dapat mempersiapkan pelaksanaannya.
 

Selain itu, karang taruna sebagai wadah aktivitas pemuda diharapkan dapat mengantisipasi beragam fenomena yang muncul seperti LGBT untuk dicarikan solusi dari permasalahan tersebut sehingga tidak menjadi permasalahan yang menggangu baik itu di daerah perkotaan maupun pedesaan.
 

Sementara itu Bupati Kuningan, Hj. Utje Ch Suganda, S.Sos, M.AP mengatakan, para pengurus karang taruna yang didominasi oleh kalangan pemuda merupakan garda terdepan dalam upaya membantu pemerintah dalam pembangunan. “ Pemuda itu identitasnya gerak cepat, dengan mendapat pelatihan diharapkan dapat menambah wawasan serta ilmu pengetahuan. Ilmu yang diperoleh dapat segera diimplementasikan secara langsung di tengah-tengah masyarakat,” tandasnya.
 

Masih menurut Bupati, dari sejumlah peserta pengurus karang taruna yang hadir saat ini diharapkan nanti saat implementasi di lapangan dapat bertambah jumlahnya. “ Pengurus karang taruna harus memiliki komitmen untuk memberikan kontribusi bagi pembangunan, memiliki jiwa visioner serta dapat terus menjalin koordinasi dan komunikasi dengan pihak pemerintah desa,” ujarnya.
 

Bupati mengingatkan, Kabupaten Kuningan merupakan daerah yang rawan terjadi bencana sehingga pengurus karang taruna diharapkan dapat berperan serta aktif dengan memperhatikan situasi dan kondisi di desa serta mengingatkan kepada masyarakat untuk berhati-hati dalam beraktivitas sehari-hari. ( Sumber : Beben, Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan ).

Share