274 Peserta Ikut Ramaikan MTQ Kecamatan Darma

Kategori: 

Mengangkat tema “Dengan MTQ Kita Tingkatkan Pemahaman dan Pengamalan Al-Quran Menuju Kuningan MAS”, Sebanyak 274 peserta ikut serta penyelenggaraan MTQ tingkat Kecamatan Darma, Rabu (20/01/2016) di Lapangan Sepakbola Desa Darma. “ Ada lima cabang yang diperlombakan diantaranya tilawah Qur’an tingkat dewasa sebanyak 34 peserta, tilawah Qur’an tingkat remaja sebanyak 34 orang, tilawah Qur’an Anak-anak sebanyak 38 peserta, hifdil Qur’an sebanyak 38 peserta, sementara cabang khotil Qur’an sebanyak 30 peserta,” papar Ketua Panitia, Drs. Syahru Arifin dalam laporannya.
 

Hadir Camat Darma, Jojo Suharsa Kasiran, S.Sos, Ketua LPTQ, H. Ebor Sobari, Ketua PGRI Kuningan, Pipin Mansur Arifin, Kepala Desa se-Kecamatan Darma.
 

Menurutnya, maksud dan tujuan diselenggarakanya MTQ ini adalah untuk menumbuhkembangkan pemahaman dan pengamalan isi Al Qur’an dan MTQ ini merupakan lomba tingkat kecamatan yang nantinya akan diikutsertakan pada MTQ tingkat kabupaten.
 

Sementara itu Bupati Kuningan, Hj. Utje Ch Suganda, S.Sos, M.AP mengatakan momentum MTQ ini semoga memberi arah dan dorongan lebih kuat untuk terbangunnya hubungan kerjasama pemerintah daerah dan seluruh elemen masyarakat, teristimewa para tokoh dan alim ulamanya secara lebih harmonis, karena hal demikian merupakan modal berharga bagi kesinambungan pembangunan dikaitkan dengan upaya peningkatan angka IPM yang muatannya tidak sebatas pada aspek kuantitatif.
 

“ Esensi ajaran Al Qur’an diyakini akan memberikan pencerahan terhadap norma kualitatif  bagi terbangunnya kondisi IPM yang seutuhnya,” ujarnya.
 

Menurutnya, pendalaman dan implementasi isi dan kandungan Al Qur’an pada akhirnya akan membuahkan gerakan kesalehan sosial untuk individu maupun komunitas masyarakat secara lebih luas. “ Untuk itu walaupun pelaksanaan MTQ ini banyak menyita waktu, tenaga maupun biaya, namun MTQ senantiasa kita laksanakan dengan penuh kesungguhan dan dalam suasana ukhuwah islamiyah, basyariah dan wathoniyah.”
 

Bupati berharap dari hasil MTQ ini akan melahirkan Qori dan Qori’ah pilihan, serta Hafidz dan Hafidzoh yang handal, yang akan mampu berprestasi dan membawa harum nama baik diarena MTQ tingkat yang lebih tinggi lagi. ( Sumber : Beben, Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan ).

Share