389 Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKKU) Kuningan Diwisuda

Kategori: 

KUNINGAN,- Bupati H Acep Purnama SH MH Hadiri Acara Wisuda XIII STIKKU Tahun Akademik 2020/2021. Sebanyak 389 orang lulusan dari empat Program Studi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan (STIKKU) di wisuda, Kamis (16/12/2021), bertempat di Hotel Prima Resort Kuningan.

“Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Kuningan menyampaikan ucapan terima kasih setinggi-tingginya Kepada seluruh sivitas akademika STIKKU (seluruh jajaran Yayasan, pengelola) atas dedikasi, profesionalisme, loyalitas, pengabdian dan kerja keras dalam mendidik, mengajar serta membimbing sehingga pada hari ini telah menghasilkan lulusan yang siap mengabdi kepada bangsa dan negara dan kepada para wisudawan dan wisudawati sekali lagi saya ucapkan selamat dan penghargaan yang tinggi atas keberhasilan yang dicapai.” Ucap Bupati mengawali sambutan.

Wisuda yang merupakan bagian penting dari sebuah tahapan akademik di perguruan tinggi, tentu akan memberikan pengalaman penting dan bermakna bagi wisudawan dan kebahagian bagi kita semua yang menyaksikan, dimana selama 3-4 tahun akan menjadi bekal untuk menjalankan kehidupan pasca menjadai mahasiswa yaitu kehidupan yang sebenarnya.

STIKKU Kuningan yang sudah berdiri hampir 14 tahun yang menjadi mitra strategis pemerintah daerah Kabupaten Kuningan selama ini, telah memberikan kinerja terbainya, telah memberikan kinerja terbaiknya, telah memberikan kontribusinya melalui tridarmanya kepada masyarakat, bahkan tahun ini STIKKU Kuningan mendapatkan penghargaan sebagai kampus atau perguruan tinggi Kesehatan terbaik nomor 1 di jawa barat dan wilayah ciayumajakuning.

“kami sebagai mitranya sangat bangga, bahwa di kuningan memiliki perguruan tinggi yang menjadi kebanggaan masyarakat kabupaten kuningan, sekali lagi saya ucapkan terimakasih kepada seluruh jajaran Yayasan, pengelola dan seluruh sivitas akademika, dosen dan mahasiswa di lingkungan STIKKU Kuningan” ungkap Bupati.

Ketua STIKKU H. Abdal Rohim, S.Kp., MH mengatakan, ada sebanyak 389 orang lulusan dari empat Program Studi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan, terdiri dari  Program Studi Diploma III Kebidanan sebanyak 52 orang, Program Studi S1 Ilmu Keperawatan sebanyak 217 Orang, Program Studi S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat sebanyak 84 orang, Program Studi S2 Kesehatan Masyarakat sebanyak 35 orang, dan Program studi Profesi Ners sebanyak 143 orang.

“mewakili seluruh sivitas akademika STIKKU Kuningan, saya mengucapkan selamat kepada para wisudawan atas keberhasilannya dalam menyelesaikan studi di STIKKU Kuningan” Kata Abdal.

Saat ini, Lanjut Abdal, Sampai dengan saat ini jumlah mahasiswa STIKKU sebanyak 6165 orang. Selama satu tahun terakhir, kinerja terbaik telah banyak ditorehkan oleh seluruh sivitas akademika STIKKU. Sejak 2017 STIKKU Kuningan telah terakreditasi Institusi dengan Peringkat B dan semua program studi kami pun, semuanya terakreditasi dengan peringkat B. Pada tahun 2021 ini STIKKU Kuningan telah menyelesaikan Reakreditasi program studi Ilmu Keperawatan dan Profesi Ners dengan hasil “Baik Sekali”.

Selain itu dikatakan Abdal, Kondisi kelembagaan pada tahun 2020 menempatkan STIKKU berada pada peringkat 203 dari 2010 perguruan tinggi di Indonesia dan terbaik Pertama STIKKU di Jawa Barat. Tentu kami tidak berpuas diri, kami memerlukan berbagai dukungan dari semua pihak baik yayasan, masyarakat dan stakeholder untuk meraih mimpi kami yang kami tuangkan dalam visi STIKKU yaitu menjadi Insititusi Pendidikan Kesehatan yang inovatif dan bermutu pada tingkat nasional dan berdaya saing global pada tahun 2035.

Di jelaskan Abdal, Mahasiswa yang merupakan aset yang berharga bagi institusi, maka kami berupaya medorong dan meningkatkan kemampuan soft skill mereka dengan memfasilitasi berbagai kegiatan yang diinisiasi oleh mahasiswa, diantaranya penyelanggaraan Seminar Nasional, Presentasi Ilmiah dalam Berbagai pertemuan ilmiah dan mendapat penghargaan sebagai Junior Reseacher Public Health, terlibat aktif dalam pemilihan mahasiswa berprestasi tahun 2021, menjadi juara Duta Genre di Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka, Menjadi juara Duta Baca di kab. Kuningan, terlibat dalam pertukaran mahasiswa Internasional dengan Taipe Medical University, terlibat dalam Lomba Debat Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris di LLDIKTI Wilayah IV Jawa Barat dan Banten, sebanyak 5 orang mahasiswa lolos program kampus mengajar dengan 2 orang dosen dari prodi kesmas yang juga lolos Lolos sebagai Dosen Pembimbing Lapangan Kampus mengajar dari Kemndikbud, dalam pengendalian Covid-19 mahasiswa terlibat sebagai tim Contact Tracer Satgas COVID-19 Nasional dan tim vaksinasi di Kabupaten Kuningan.

Pada Acara tersebut Bupati Kuningan memberikan piagam penghargaan dan Plakat kepada Ega Chaniago, S.K.M sebagai Wisudawan Terbaik S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat 2021 Secara Simbolis. Turut Hadir Kepala LLDIKTI Wilayah IV Jawa Barat dan Banten Dewan Pembina Yayasan Pendidikan Bhakti Husada Kuningan,  Ketua Yayasan Pendidikan Bhakti Husada Kuningan, Beserta Bendahara dan Sekretaris, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Pendidikan Kab. Kuningan, Kepala Dinas, Kependudukan dan KB, Kepala BAZNAS Kab. Kuningan, Kepala Dinas Pemuda Olah Raga dan pariwisata, Direktur Rumah Sakit, dan Instansi Mitra STIKKU se wilayah Ciayumajakuning dan Brebes dan Tegal, Kepala Detasemen Kesehatan Wilayah (DENKESYAH) 030403 Cirebon, Ketua Organisasi Profesi Daerah Jawa Barat, Pengurus Cabang Kabupaten Kuningan, Ketua Senat STIKKU beserta Anggota dan seluruh Civitas Akademika STIKKU dan Para Wisudawan beserta Orang Tua Mahasiswa dan seluruh mahasiswa STIKKU. (Bid IKP/ Diskominfo)

 

 

 

Share