BAPPEDA Gelar Rakor Penanggulangan Kemiskinan

BAPPEDA Gelar Rakor Penanggulangan Kemiskinan

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Kuningan menggelar Rakor Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) tahun 2014 bertempat di aula BAPPEDA, Rabu/10 Desember 2014. Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Kuningan yang sekaligus merupakan Ketua TKPK, perwakilan dari Komisi IV DPR Kab.Kuningan, para Kepala SKPD, para Camat dan para pelaku PNPM. Rakor TKPK tersebut menghadirkan Pemateri Kepala Dinsosnaker, Kepala Disdikpora, BPJS Kuningan dan Bank BRI Kuningan.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Bappeda Drs.H.Maman Suparman,MM, dalam kesempatan tersebut pihaknya mengatakan bahwa angka kemiskinan di Kab.Kuningan sangat tinggi, adapun program-program untuk menanggulangi permasalahan kemiskinan tersebut diantaranya Raskin, BLT, PNPM, Jamkesmas, PKH, Beasiswa miskin, Peningkatan gizi balita, Padat karya, Jambanisasi, Bedah rumah/ Rutilahu, PIP (Program Infrastruktur Perdesaan), Listrik Perdesaan, PAMSIMAS (Program Air Minum Berbasis Masyarakat), Program Pemberdayaan penduduk, keluarga dan masyarakat miskin (perbaikan gizi, perbaikan kesehatan, pendidikan), Pemberdayaan usaha (kewirausahaan) penduduk miskin (fasilitasi modal,  fasilitasi teknologi,  fasilitasi manajemen dan pemasaran), Pemberdayaan wilayah tertinggal (fasilitasi pemukinan, fasilitasi tempat usaha), Penanggulangan dan pencegahan kemiskinan akibat krisis, musibah, dan bencana (rehabilitas), bantuan pangan, bantuan kesehatan dan pendidikan. Dan  Target penurunan penduduk miskin sesuai dengan RPJMD yaitu pada tahun 2018 sebesar 10.82%.

Sementara itu Wakil Bupati Kuningan H.Acep Purnama,SH.MH dalam arahannya mengatakan bahwa angka kemiskinan di Kabupaten Kuningan sampai saat ini mencapai 14,2%, dengan persentase ini maka program-program pemerintah yang saat ini masih berjalan akan tetap ada dan diharapkan agar program tersebut kedepan lebih tepat sasaran dan dengan data yang benar-benar akurat. Wabup berharap agar taraf pendidikan di Kabupaten Kuningan paling rendah minimal SMA/SMK. (Mey/Bidkom Diskominfo Kab.Kuningan)

BAPPEDA Gelar Rakor Penanggulangan Kemiskinan
Share