Bappeda Gelar Sosialisasi Visi Misi Kabupaten Kuningan 2014-2018

Kategori: 

Sejumlah Camat dan para Kepala Kelurahan/Desa se-Kabupaten Kuningan, senin (19/05) mengikuti Sosialisasi Visi Misi Kabupaten Kuningan 2014-2018. Acara yang di gelar oleh Badan Perencanaan Pembangunan (BAPPEDA) Kabupaten Kuningan di rumah makan Lembah Ciremai tersebut, sebagai bagian dari tahapan penyusunan RPJMD Kabupaten Kuningan 2014-2018. Bupati Kuningan dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Bappeda Kuningan, Drs. H. Maman Suparman, MM mengatakan, sosialisasi visi misi dilaksanakan agar visi misi Kabupaten Kuningan dapat dipahami oleh setiap elemen masyarakat serta menyamakan langkah menjadikan visi misi sebagai visi bersama sebagai wawasan masa depan yang ingin kita wujudkan.

Selanjutnya Bupati mengemukakan, sesuai dengan Visi Kabupaten Kuningan yaitu “ Kuningan Mandiri, Agamasi dan Sejahtera (MAS) Tahun 2018 ” dimana visi tersebut mengamanatkan 3 komponen, pertama Kemandirian, yang mengamanatkan pendekatan pembangunan yang dapat memperkuat perekonomian masyarakat, membuat mereka bisa memiliki usaha produktif, pekerjaan yang layak, penghasilan yang dapat memenuhi kebutuhan hidupnya.
“ Pendekatan ini menuntut peran pemerintah untuk menciptakan iklim agar perekonomian daerah meningkat dan menjaga keseimbangan antara kepentingan pemodal terutama investor menengah dan besar dengan kelompok usaha kecil menengah yang sedang kita tumbuh kembangkan, tanpa keberpihakan pemerintah dalam memberikan ruang tumbuh yang adil bagi masyarakat terutama kelompok ekonomi menengah dan bawah, kepentingan modal atau kapital akan terlalu dominan dalam mengatur arah pembangunan,” kata Bupati.
Selanjutnya komponen kedua adalah Agamis, dimaksudkan untuk dijadikan pedoman oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari dalam semua aktivitasnya, sehingga implementasi nilai-nilai agama di masyarakat, pemerintah mampu memfasilitasi berbagai kegiatan keagamaan di masyarakat yang diharapkan bisa menjadi pondasi yang kuat dalam setiap aktivitas kegiatan pembangunan daerah.
Selanjutnya Bupati Kuningan mengemukakan, bahwa komponen ketiga dari Visi Pembangunan Kabupaten Kuningan adalah Sejahtera, kesejahteraan yang ingin dicapai di Kabupaten Kuningan bukan hanya tercermin dari peningkatan PDRB per kapita melainkan juga dilandasi pemerataan kesejahteraan.
Setelah menyampaikan sambutan, Bupati Kuningan yang diwakili oleh Kepala Bappeda, secara resmi membuka acara Sosialisasi Visi Misi Kabupaten Kuningan 2014-2018. Tampak hadir juga dalam acara tersebut, Assiten Pemerintahan Setda Kabupaten Kuningan. ( Sumber : YS, Bidang Komunikasi Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kuningan ).

Share